Padasuka Fokus pada Pembangunan Pemberdayaan

OPTIMIS: Sekretaris Desa Padasuka, Ruhiyat saat memberikan penjelasan kepada Sumeks terkait realisasi anggaran
OPTIMIS: Sekretaris Desa Padasuka, Ruhiyat saat memberikan penjelasan kepada Sumeks terkait realisasi anggaran Dana Desa tahap I tahun 2024 di desanya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Dana Desa tahap 1 tahun 2024 di Desa Padasuka diprioritaskan pada sektor pembangunan sarana ketahanan pangan dan pemberdayaan di masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Padasuka, Gamis melalui Sekretaris Desa Padasuka, Ruhiyat kepada Sumeks, baru – baru ini.

 

“Pada sektor pembangunan sarana ketahanan pangan direalisasikan pertama, pada pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di area pesawahan Blok Caumanggala panjang 80 meter, pondasi 40 centimeter, tinggi 80 centimeter,” katanya.

 

Yang kedua, lanjut Ruhiyat, pembangunan drainase di RW 07 Perum Kelapa Gading dengan panjang 100 meter tinggi 90 centimeter.

 

Baca Juga:Sediakan Rp 45 Miliar untuk Perbaikan JalanKandang Ayam Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah  

Lebih jauh Ruhiyat menjelaskan, tujuan dari pembangunan TPT tersebut yaitu untuk meningkatkan sarana pengairan ke pesawahan dan mencegah adanya urugan atau longsoran tanah ke akses pengairan di Blok Caumanggala.

 

“Adapun untuk pembangunan drainase di Perum Kelapa Gading itu untuk penanganan banjir di saat musim hujan, agar air yang melimpah pembuangan dari jalan tol bisa tertampung dan disalurkan ke Sungai Cibitung. Jangan sampai meluber ke warga,” katanya.

 

Sementara, lanjut Ruhiyat, untuk sektor pemberdayaan direalisasikan pertama pada intesif para guru ngaji, guru paud dan para Kader Posyandu. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan semangat kepada para guru ngaji, guru paud dan Parakader Posyandu, dalam meningkatkan kinerja mereka.

 

“Kedua pada kegiatan penyuluhan narkoba, ketiga penanganan sampah, ketiga sosialisasi penanganan stunting dan pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

 

Ruhiyat berharap dengan Realisasi Dana Desa tahap I tahun 2024 tersebut bisa meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian di Desa Padasuka.

 

“Mudah – mudahan dengan meningkatnya Ketahanan pangan dan perekonomian di masyarakat, zero new stunting bisa tercapai tahun ini di Desa Padasuka dan Padasuka lebih maju lagi,” tutupnya. (ahm)

 

 

0 Komentar