Deretan Suplemen dan Obat Ini Ternyata dapat Memicu Asam Lambung!

Deretan Suplemen dan Obat Ini Ternyata dapat Memicu Asam Lambung!
Deretan Suplemen dan Obat Ini Ternyata dapat Memicu Asam Lambung! (sumber foto: ILUSTRASI/capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Asam lambung adalah masalah pencernaan yang umum terjadi di masyarakat.

Gangguan ini terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan bagian atas atau esofagus.

Gejalanya bisa bervariasi, mulai dari nyeri perut bagian atas, mulas, hingga heartburn atau rasa terbakar di bagian dada.

Baca Juga:Terancam Hukuman Mati! Berikut Motif Pembunuhan Eks Casis TNI ALPerhatikan 6 Kandungan Skincare yang Ampuh Hempaskan Mata Panda di Produk Perawatan Mata Anda!

Ternyata, selain dipicu oleh beberapa jenis makanan, ada beberapa suplemen dan obat-obatan tertentu yang juga dapat menyebabkan asam lambung kambuh.

Ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh mereka yang mungkin sedang mengonsumsi suplemen atau obat-obatan ini untuk kondisi kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa suplemen dan obat yang dapat memicu gangguan asam lambung:

1. Suplemen zat besi

Zat besi adalah nutrisi penting untuk tubuh, terutama dalam pembentukan sel darah merah.

Namun, konsumsi suplemen zat besi dalam dosis tinggi atau tanpa makanan bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan meningkatkan risiko terjadinya asam lambung.

Jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi, disarankan untuk melakukannya bersamaan dengan makanan untuk mengurangi risiko iritasi lambung.

2. Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik, terutama yang termasuk dalam kategori antibiotik kuat atau spektrum luas, dapat mengganggu keseimbangan bakteri di saluran pencernaan.

Baca Juga:3 Perawatan Dokter untuk Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah MataMitos atau Fakta, Penggunaan Masker Timun Bisa Menghilangkan Mata Panda?

Ini bisa menyebabkan perubahan dalam produksi asam lambung dan meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan, termasuk asam lambung.

Jika Anda diresepkan antibiotik, penting untuk mengikuti instruksi dokter dan mungkin juga mempertimbangkan untuk mengonsumsi probiotik untuk menjaga keseimbangan flora usus.

3. Suplemen kalium

Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam fungsi otot, termasuk otot jantung.

Namun, suplemen kalium dalam dosis tinggi atau jika dikonsumsi tanpa disertai cairan yang cukup bisa menyebabkan iritasi lambung dan meningkatkan risiko terjadinya asam lambung.

Jika Anda memerlukan suplemen kalium, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan dosis yang tepat dan cara konsumsi yang aman.***

 

Penting untuk diingat bahwa respons tubuh terhadap suplemen dan obat-obatan dapat bervariasi dari individu ke individu.

Jika Anda mengalami gejala asam lambung setelah mengonsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

0 Komentar