Gempa Bumi Dahsyat Guncang Taiwan, Gelombang Tsunami Terdeteksi di Jepang

Gempa Bumi Dahsyat Guncang Taiwan, Gelombang Tsunami Terdeteksi di Jepang
Gempa Bumi Dahsyat Guncang Taiwan, Gelombang Tsunami Terdeteksi di Jepang(TVBS/AP/smh.com.au)
0 Komentar

sumedangekspres – Gempa Bumi Dahsyat Guncang Taiwan, Gelombang Tsunami Terdeteksi di Jepang, Sebuah gempa bumi dahsyat melanda Taiwan pada hari Rabu, menggoncangkan seluruh pulau tersebut, meruntuhkan bangunan-bangunan, dan memicu peringatan tsunami di Jepang dan Filipina.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan tsunami dengan ketinggian hingga tiga meter untuk kelompok pulau bagian selatan Okinawa setelah gempa dangkal yang sangat kuat terjadi.

Gempa Bumi Dahsyat Guncang Taiwan

Tsunami dengan ketinggian 30 sentimeter mencapai Pulau Yonaguni sekitar setengah jam kemudian, demikian disampaikan oleh JMA. 

Baca Juga:Gempa Bumi Besar Dekat Taiwan Picu Peringatan Tsunami di Wilayah Asia PasifikPemuda Yogyakarta Beraksi, Saluran Irigasi dari Sampah menjadi Asri dengan Ikan-Ikan

Mereka mengatakan gelombang kemungkinan juga mencapai pantai-pantai di Kepulauan Miyako dan Yaeyama.

Badan Seismologi Filipina mengeluarkan peringatan bagi penduduk di daerah pantai beberapa provinsi, mendorong mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Badan pemantau gempa bumi Taiwan memberikan magnitudo awal sebesar 7.2, kemudian direvisi menjadi 7.7, sementara Survei Geologi Amerika Serikat menyebutkan sebesar 7.5, kemudian 7.4.

Episentrum terletak di lepas pantai 18 kilometer di barat daya kota timur Hualien, Taiwan, dan sekitar 35 kilometer di bawah permukaan laut.

Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan gempa susulan kedua dengan magnitudo 6.5 terjadi di dekatnya, 11 kilometer di timur laut kota tersebut.

Kepala badan pemantau gempa bumi Taiwan, Wu Chien-fu, mengatakan efeknya terdeteksi sejauh Kinmen, sebuah pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai China.

Beberapa gempa susulan dirasakan di Taipei dalam satu jam setelah gempa awal.

Baca Juga:Pemdes Cimungkal Hadirkan Hotmix Jalan Desa untuk Lancarkan MobilitasMudik Lebaran 2024, Gelombang Massa Menuju Kampung Halaman

Sebuah bangunan lima lantai di Hualien yang berpenduduk sedikit tampak rusak parah, runtuh di lantai pertama dan sisanya condong pada sudut 45 derajat. 

Di ibu kota, Taipei, genteng-genteng jatuh dari bangunan-bangunan tua dan di beberapa kompleks perkantoran yang lebih baru.

Layanan kereta api di seluruh pulau yang berpenduduk 23 juta orang, serta layanan kereta bawah tanah di Taipei, dihentikan sementara.

Namun, segalanya dengan cepat kembali normal di ibu kota, dengan anak-anak pergi ke sekolah dan komuter pagi tampak seperti biasa.

Televisi Taiwan menunjukkan bangunan-bangunan di Hualien terguncang dari fondasinya. Gempa kuat tersebut mematikan listrik di beberapa bagian kota, menurut saksi Reuters.

0 Komentar