Jadwal Lengkap Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1445 H, Simak Selengkapnya!

Jadwal Lengkap Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1445 H
Jadwal Lengkap Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1445 H (sumber foto: tangkapan layar/youtube/Kompas.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia mengumumkan bahwa sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H akan diselenggarakan pada minggu kedua bulan April 2024.

Tujuan dari sidang isbat ini adalah untuk memastikan penetapan tanggal 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Penetapan Hari Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri nantinya akan didasarkan pada dua metode utama, yaitu rukyat dan hisab.

Baca Juga:Kamera Tilang Elektronik Siap Awasi Pelanggaran di Mudik Lebaran 2024, Berikut Cara MengeceknyaMengamankan Akses Perbankan di Wi-Fi Publik, Simak Selengkapnya!

Metode rukyat menggunakan pengamatan langsung untuk melihat hilal (bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi) yang menandakan awal bulan Syawal, sedangkan metode hisab menggunakan perhitungan matematis untuk menentukan awal bulan tersebut.

Jadwal lengkap sidang isbat serta perkiraan Idul Fitri 2024 oleh pemerintah telah diumumkan oleh Kementerian Agama.

Melalui akun resmi media sosialnya @Kemenag_RI, Kementerian Agama RI mengumumkan bahwa Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 H akan digelar pada Selasa, 9 April 2024.

Lokasi sidang isbat akan berlangsung di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, yang terletak di Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Sidang ini merupakan momen penting bagi umat Islam di Indonesia karena penetapan tanggal Idul Fitri akan memengaruhi jadwal ibadah dan kegiatan lainnya selama bulan Ramadan.***

 

 

0 Komentar