Meretas Jalan Menuju Kemapanan Pendidikan Indonesia: Lima Langkah Menuju Indonesia Emas

Meretas Jalan Menuju Kemapanan Pendidikan Indonesia: Lima Langkah Menuju Indonesia Emas
Meretas Jalan Menuju Kemapanan Pendidikan Indonesia: Lima Langkah Menuju Indonesia Emas (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Meretas Jalan Menuju Kemapanan Pendidikan Indonesia: Lima Langkah Menuju Indonesia Emas.

Eka Ganjar Kurniawan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, menegaskan perlunya lima kebijakan strategis dalam bidang pendidikan yang harus segera dilakukan guna memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia Emas.

Pertama, pentingnya peningkatan literasi numerasi dan pembentukan karakter. Selanjutnya, adalah upaya meningkatkan kualitas SDM melalui peran guru sebagai agen perubahan.

Baca Juga:Upaya Peningkatan IPM Melalui Pendidikan: Komitmen Pj Bupati SumedangKembali Bertemu: Hwang Sun-hong dan Shin Tae-yong dalam Duel Timnas U-23 Indonesia vs Korea Selatan

“Efeknya, dimulai dari tahun 2025, kebijakan terkait peran guru sebagai agen perubahan akan menjadi tanggung jawab kabupaten/kota untuk menggerakkan pelatihan bagi guru sebagai agen perubahan,” jelas Eka pada Rabu, 24 April 2024.

Langkah ketiga adalah memastikan ketersediaan aksesibilitas pendidikan, yang berarti memberikan akses pendidikan yang merata di setiap sekolah untuk memenuhi standar pelayanan pendidikan.

“Kemudian, yang keempat, adalah menerapkan good governance secara konsisten dalam penyelenggaraan pendidikan,” tambahnya.

Selain itu, kebijakan kelima yang dianggap penting oleh Dinas Pendidikan Sumedang dan menjadi tantangan ke depan adalah bagaimana menciptakan pendidikan yang inklusif.

“Pak Pj Bupati menyatakan pentingnya untuk menindaklanjuti pelaksanaan pendidikan inklusif di Kabupaten Sumedang. Maka dari itu, kita harus mempersiapkan skema dan metode yang memungkinkan pendidikan mencakup semua lapisan masyarakat Sumedang,” jelasnya.

Demikian pembahasan mengenai Meretas Jalan Menuju Kemapanan Pendidikan Indonesia: Lima Langkah Menuju Indonesia Emas.***

0 Komentar