Kebonjati Prioritaskan Ketahanan Pangan

OPTIMIS: Kepala Desa Kebonjati Jajang (tengah) saat menghadiri pelaksanaan Monitoring Evaluasi (Monev) anggar
OPTIMIS: Kepala Desa Kebonjati Jajang (tengah) saat menghadiri pelaksanaan Monitoring Evaluasi (Monev) anggaran Dana Desa tahap I tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Tim Monev Kecamatan Sumedang Utara di kantor Desa Kebonjati, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Realisasi Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2024 di Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara direalisasikan pada dua kegiatan. Dua kegiatan tersebut yaitu pembangunan sarana infrastruktur dan penanaman yang menunjang program ketahanan pangan.

“Untuk infrastruktur, pertama kegiatan pembangunan hotmix jalan Dusun Giriharja RT 05 RW 06 dengan panjang 330 meter, lebar 3 meter. Kedua hotmix penambahan jalan Desa Sukaharja RT 03 Rw 02 panjang 12 meter lebar 10 Meter,” kata Kepala Desa (Kades) Kebonjati Jajang, kepada Sumeks kemarin.

“Di samping itu ada juga pembangunan jalan lingkungan dengan rabat beton yang berlokasi di RW 04 RT 01 dengan panjang 50 meter lebar 2.5 meter,” ujarnya.

Baca Juga:PKB Membuka Pendaftaran BalonbupPemkab Tekankan BPD Optimal dalam Berkerja

Menurut Kades, pembangunan akses jalan bertujuan untuk memperlancar transfortasi hasil pertanian dan produktivitas warganya.

“Diharapkan dengan perbaikan jalan ini produksi pertanian dan ekonomi masyarakat  bisa meningkat,” ujarnya.

Kades mengatakan, di samping kegiatan pembangunan fisik anggaran DD tahap 1 ini ada yang direalisasikan langsung pada program ketahanan pangan. Program tersebut berupa seperti, ternak domba, budidaya ikan nila, penanaman jagung dan cabe seluas 1 hektar, serta program teras hijau sebanyak 400 poliback.

“Selanjutnya ada juga yang dialokasikan pada program pemberdayaan seperti penyaluran bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD) kepada 26 KPM, serta pembagian Insentif bagi  para ketua RW dan RT, guru ngaji, guru Paud, kader PKK, dan linmas,” imbuh Kades

Kades berharap, dengan adanya alokasi anggaran Dana Desa yang dialokasikan pada program ketahanan pangan, masyarakat bisa ikut andil dan juga ikut serta dalam semua program pemerintahan desa.

“Dan kami harapkan program ketahanan ini bisa mendongkrak perekonomian warga, khususnya bagi warga penerima manfaat. Semoga program ketahanan ini bisa lebih meningkat lagi di desa kami,” katanya.

Dikatakan Kades, pihaknya telah menyediakan anggaran yang dikelola oleh pemerintah desa untuk disalurkan ke masyarakat.

Baca Juga:Jalan Rusak Hambat Laju PerekonomianSeleksi PPG Prajabatan 2024 Dibuka

“Untuk itu kami mengharapkan kepada masyarakat untuk mendukung, berpartisipasi aktif dan bersinegritas dengan Pemerintahan Desa Kebonjati,” tutup Kades. (ahm)

0 Komentar