Seleksi PPG Prajabatan 2024 Dibuka

Seleksi PPG Prajabatan
Seleksi PPG Prajabatan
0 Komentar

sumedangekspres, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor : 1643/B/GT.00.05/2024 membuka seleksi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2024. PPG Prajabatan merupakan program pendidikan profesi untuk membentuk generasi baru guru-guru Indonesia. Program ini diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan dari jurusan pendidikan atau nonpendidikan untuk mendapat sertifikat pendidik. Pelaksanaan seleksi PPG Prajabatan 2024 dibuka mulai 4 April hingga 6 September 2024. Tahun ini, program PPG Prajabatan diadakan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan guru pada jenjang sekolah dasar dan menengah. Dikutip dari laman resminya, berikut informasi rinci seputar jadwal seleksi, syarat, tahapan, bidang studi, serta cara pendaftaran PPG Prajabatan 2024.

 

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani menjelaskan, transformasi PPG Dalam Jabatan 2024 makin memudahkan calon peserta. Sebab sejumlah mekanisme pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya diubah dan disederhanakan serta dibuat semudah mungkin. Bukan hanya itu, mekanisme pelaksanaan juga bisa dipersingkat, salah satunya yakni terkait masa perkuiahan.

 

Senada dengan Dirjen GTK Kemendikbudristek, Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) Adhika Ganendra menyebut pihaknya sudah menyiapkan kuota dalam Penerimaan PPG 2024. Ia menjelaskan kuota PPG Prajabatan 2024 mempertimbangkan jumlah mahasiswa yang dapat ditampung oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Kuota juga mempertimbangkan kebutuhan guru. Pembukaan kuota PPG Prajabatan disetiap kampus itu sudah mempertimbangkan kebutuhan guru di tahun 2025 atau tahun kedepan satu tahun berikutnya.

 

Baca Juga:Sejumlah Program Prioritas Kemendikbudristek Terimplementasi dengan BaikTingkat Kesehataan Bergantung pada Asupan Gizi

Dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi pada jenjang sekolah dasar dan menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali mengundang Putra/Putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024. 

 

A.  Persyaratan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024

1.    Warga Negara Indonesia (WNI); 

2.    tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);

3.    berusia paling tinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran; 

0 Komentar