Profil dan Biodata Joko Pinurbo: Mengenang Sang Penyair dari Jogja

Biografi dan Biodata Joko Pinurbo: Mengenang Sang Penyair dari Jogja
Biografi dan Biodata Joko Pinurbo: Mengenang Sang Penyair dari Jogja (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Profil dan Biodata Joko Pinurbo: Mengenang Sang Penyair dari Jogja.

Indonesia kembali diliputi duka atas kepergian salah satu sosok penyair yang penuh talenta, Joko Pinurbo. Sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan sastra yang ditinggalkannya, mari kita simak profil lengkap Joko Pinurbo.

Joko Pinurbo meninggal dunia pada hari ini (27/4) sekitar pukul 06.03 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih, Jogja, seperti yang dilaporkan oleh detikPop. Kabar tentang meninggalnya Joko Pinurbo telah dikonfirmasi oleh Mirna Yulistiani, seorang editor senior dari Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Baca Juga:Joko Pinurbo Meninggal Dunia: Perpisahan dengan Penyair LegendarisSeleksi PPG Prajabatan 2024 Dibuka, ini Jadwal Seleksi, Syarat, Tahapan, Bidang Studi, dan Cara Daftarnya

Sebelumnya, Joko Pinurbo telah menjalani perawatan di rumah sakit karena masalah kesehatan yang sedang dihadapinya. Penyair yang akrab disapa Jokpin ini meninggal dunia pada usia 61 tahun, meninggalkan kesedihan yang mendalam di hati masyarakat Indonesia, terutama para penggemar karya-karyanya.

Siapa sebenarnya Joko Pinurbo? Melalui artikel ini, mari kita mengenangnya dengan merangkum profilnya secara lengkap.

Profil Joko PinurboJoko Pinurbo lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 11 Mei 1962. Melalui karya-karyanya yang memukau, Joko Pinurbo atau yang akrab disapa Jokpin telah memenangkan sejumlah penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu penghargaan tertinggi yang pernah diraihnya adalah South East Asian (SEA) Write Award pada tahun 2014.

Dari buku ‘Dari Zaman Citra ke Metafiksi: Bunga Rampai Telaah Sastra DKJ’ karya Adrianus Pristiono, terungkap bahwa Joko Pinurbo sempat tinggal di kampung halamannya sejak kecil, namun kemudian memilih merantau ketika masih bersekolah di Sekolah Menengah Atas. Di masa itu, ia menetap di Mertoyudan, Magelang. Kemudian, Jokpin melanjutkan pendidikannya di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Sanata Dharma (kini Universitas Sanata Dharma) Jogja.

Bahkan sejak masa SMA, Joko Pinurbo sudah menunjukkan kegemarannya dalam menulis. Puisi-puisinya sudah tersebar di berbagai media dan bahkan dimasukkan ke dalam antologi.

Karakteristik Karya Joko PinurboApa yang membuat karya Joko Pinurbo begitu khas? Karya-karyanya seringkali memadukan unsur lucu dan sedih, sering menggambarkan sosok anak-anak kecil, yang mungkin terinspirasi dari masa kecilnya sendiri yang sering sakit. Tak jarang ia juga mengangkat isu-isu sosial yang relevan dengan masyarakat.

0 Komentar