Joko Pinurbo Meninggal Dunia: Perpisahan dengan Penyair Legendaris

Joko Pinurbo Meninggal Dunia: Perpisahan dengan Penyair Legendaris
Joko Pinurbo Meninggal Dunia: Perpisahan dengan Penyair Legendaris (ist)ANTARA/HO)
0 Komentar

sumedangekspres – Joko Pinurbo Meninggal Dunia: Perpisahan dengan Penyair Legendaris.

Duka menyelimuti dunia sastra Indonesia atas kepergian salah satu penyair terkemuka, Joko Pinurbo. Pria yang akrab disapa Jokpin itu meninggal dunia pada Sabtu (27/4) pagi, meninggalkan kesedihan mendalam di hati para penggemar sastra di seluruh Indonesia.

Ucapan belasungkawa dan kenangan indah mengalir deras di berbagai platform media sosial, mengekspresikan rasa duka yang mendalam atas kepergian Joko Pinurbo. Para sesama sastrawan, pejabat pemerintahan, dan netizen dari berbagai kalangan turut mencuitkan ungkapan kesedihan dan kenangan bersama sang penyair kelahiran Sukabumi, Jawa Barat.

“Sungguh sulit mengungkapkan perasaan hari ini. Selamat jalan, guru, inspirator, dan sahabatku, Joko Pinurbo. Mas Jokpin, perjalananmu telah berakhir,” demikian ungkapan dari sastrawan terkenal, Okky Madasari, dalam cuitannya.

Baca Juga:Seleksi PPG Prajabatan 2024 Dibuka, ini Jadwal Seleksi, Syarat, Tahapan, Bidang Studi, dan Cara DaftarnyaSejumlah Program Prioritas Kemendikbudristek Terimplementasi dengan Baik

Okky Madasari juga berbagi foto kenangan bersama Joko Pinurbo, menampilkan kehangatan hubungan mereka. Tidak hanya itu, ia juga membagikan sebuah puisi yang pernah ditulisnya sebagai penghormatan kepada Jokpin.

Duka juga dirasakan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, yang merespons kabar duka yang disampaikan oleh Eka Kurniawan tentang kepergian Joko Pinurbo.

“Selamat jalan, Mas Jokpin. Semoga kau menemukan kedamaian dalam abadi puisi,” tulis Yustinus.

Begitu juga dengan reaksi yang datang dari netizen, yang turut menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Joko Pinurbo. Banyak di antara mereka adalah penggemar setia karya-karya sang penyair, yang mengenang jasa dan warisan sastra yang ditinggalkannya.

“Sungguh sedih, baru saja mengenal Pak Jokpin dan menikmati karyanya. Namamu akan selalu dikenang dalam sajak-sajakmu, Pak,” tulis akun @@jmjeongs.

“Innalilahi wa innailaihi Raji’un, semoga diterima di sisi-Nya. Terima kasih Pak Jokpin, telah menjadi legenda sastra Indonesia. Berkat karyamu, saya mendapatkan inspirasi dan kesuksesan dalam tugas-tugas akademis saya,” tambah netizen @deletenything.

Sastrawan legendaris Joko Pinurbo (Jokpin) menghembuskan napas terakhirnya pada pagi hari ini, Sabtu (27/4), di kediamannya di Yogyakarta, setelah berjuang melawan penyakit paru-paru yang dideritanya.

Baca Juga:Jokowi Setujui Injeksi Modal Rp 18,6 Triliun ke Hutama Karya: Dorong Pembangunan Jalan Tol SumateraJokowi Apresiasi Prestasi Timnas Indonesia U-23: Menuju Olimpiade 2024!

Kehilangan Joko Pinurbo tidak hanya dirasakan oleh dunia sastra, tetapi juga oleh keluarga dan kerabat terdekatnya. Ia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak, serta kenangan tak terhapuskan atas warisan sastra yang telah dibuatnya.

0 Komentar