Hasil Bumi Dipasarkan ke Berbagai Daerah

TUNJUKKAN: Warga saat menunukan salah satu hasil bumi dari Kecamatan Surian, petai.
TUNJUKKAN: Warga saat menunukan salah satu hasil bumi dari Kecamatan Surian, petai.
0 Komentar

sumedangekspres, SURIAN – Wilayah Kecamatan Surian merupakan penghasil berbagai hasil bumi di Kabupaten Sumedang, terutama untuk jenis petai dan buah-buahan. Buah-buahan yang dihasilkan pun terdiri berbagai jenis, seperti Kadu, Mangga, Rambutan ataupun lainnya.

Kecamatan Surian sebagai penghasil hasil bumi sangat didukung dengan tanah yang subur. Kemudian, lahan yang cukup luas. 

Hasil bumi dari wilayah Kecamatan Surian sendiri cukup dikenal di Kabupaten Sumedang dan beberapa Kabupaten tetangga, seperti Bandung, Subang dan Indramayu. 

Baca Juga:Tembakau Jadi Potensi yang MenjanjikanKeraton Sumedang Larang Kembali Gelar Kirab Panji Mahkota Kemaharajaan

Hal terutama disampaikan Kepala Desa Surian, Karto Ganda Permana saat berbincang dengan Sumeks, Senin (29/4).

“Hasil bumi Kecamatan Surian dikenal ke kabupaten tetangga. Pasalnya, hasil bumi Surian sering dipasarkan ke Bandung, Indramayu dan Subang,” kata Karto. 

Disebutkan, hasil bumi seperti petai dipasarkan ke Bandung dan Subang. Kemudian, buah-buahan seperti, Kadu, Rambutan dan Mangga dipasarkan ke Subang dan Indramayu. 

“Pemasaran sendiri dilakukan oleh warga Surian. Adapula yang diambil oleh pengepul dari Indramayu dan Subang,” katanya. 

Karto menjelaskan, semua desa di Kecamatan Surian mempunyai potensi hasil bumi yang bisa dipasarkan ke berbagai wilayah, baik di dalam Kabupaten Sumedang maupun ke kabupaten tetangga. Hasil bumi itu sendiri akan saling melengkapi.

“Seperti, di wilayah Desa Surian musim petai, di Desa Wanajaya penghasil rambutan dan di wilayah lainnya juga ada hasil bumi lain,” jelasnya. 

Karto mengatakan selain sebagai penghasil petai dan buah-buahan, wilayah Kecamatan Surian juga merupakan salah satu lumbung padi. Tentunya, hal tersebut didukung sawah yang masih luas. 

Baca Juga:Siswa Belajar di Ruang Kelas KumuhDPMD Dorong BUMDes Cari Peluang Usaha

“Oleh karena itu, sebagai penghasil bumi, Kecamatan Surian juga harus didukung dengan infrastruktur yang bagus. Akses untuk memasarkan hasil bumi akan lebih mudah ke wilayah kabupaten tetangga,” tutupnya. (bim)

0 Komentar