Akibat Gempa Garut, Dapur Rumah Ambruk

ISTIMEWA BERIKAN BANTUAN: Camat Tanjungmedar Suhandi saat memberikan bantuan kepada korban yang dapur rumahnya
ISTIMEWA BERIKAN BANTUAN: Camat Tanjungmedar Suhandi saat memberikan bantuan kepada korban yang dapur rumahnya
0 Komentar

sumedangekspres, TANJUNGMEDAR — Sebuah dapur rumah permanen milik Holid di Dusun Sindangjaya RT 01 RW 03, Desa Kertamukti, Kecamatan Tanjungmedar mengalami rusak berat dan ambruk akibat terdampak gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut. 

Kejadian dapur milik Holid tersebut ambruk pada Sabtu (27/4/2024) sekitar pukul 23.35.

Camat Tanjungmedar Suhandi membenarkan kejadian tersebut. Sementara, rumah milik Holid utuh dan tidak terpengaruh gempa.

Dikatakan, dapur sendiri menempel pada rumah berupa ‘sorondoy’ dan sudah cukup tua berukuran 6 x 9 meter. 

Baca Juga:Usai Bertanding dengan Uzbekistan, Begini Kata Pelatih Timnas IndonesiaKemendes Bantu Kabupaten Sumedang dalam Program Desa Cerdas dan Inklusi

“Mungkin karena sudah tua, terjadi goyangan akibat gempa sehingga dapur tersebut nyaris ambruk. Sementara rumahnya tidak apa-apa,” jelas Suhandi kepada Sumeks, Selasa (30/4/2024).

Dikatakan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa ataupun luka. Hanya dapur saja yang nyaris ambruk dengan kerugian sekitar Rp 30 juta.

“Pemilik dapur berada dalam rumah dan aman, tidak ada korban jiwa ataupun korban luka,” jelasnya.

Dikatakan, penanganan awal yang dilakukan oleh aparatur kecamatan dan pemerintah desa bersama dengan masyarakat mengangkat dan membereskan puing puing tembok yang berserakan.

Rencananya, lanjut dia, hari ini (Selasa (30/4/2024-red)) akan dlakukan perbaikan gotong-royong oleh pemerintah desa, kecamatan dan warga sekitar. 

“Alhamdulillah sudah ada bantuan sembako dari PMI, Baznas, BPBD dan bantuan dari pemerintah kecamatan,” katanya. (bim)

0 Komentar