Aki Lengser Kesenian yang Tidak Tergeser

kesenian
kesenian
0 Komentar

sumedangekspres, Aki Lengser adalah sebutan untuk peran kakek-kakek dalam prosesi rangkaian Upacara Adat Sunda mapag pengantin atau mengantarkan pengantin. Kesenian tersebut masih dilestarikan hingga kini. 

Tak jarang warga Sumedang masih menampilkan kesenian ini saat acara pernikahan. Bersama dengan prosesi adat pernikahan khas Sunda.

Prosesi kesenian Aki lengser cukup terbilang unik. Pasalnya kesenian ini mengandung unsur lelucon atau atau hiburan yang dapat menggundang gelak tawa penonton. 

Baca Juga:Selain Menghubur J-Rocks Kampanyekan Program Gempur Rokok IlegalHJS ke-446 Sumedang Dimeriahkan Band Ternama

Aki Lengser biasanya di perankan oleh seorang pria, sebagai pemeran tertua dan memiliki peran penting dalam rangkaian prosesi mapag pengantin Adat Sunda.

Pakaian yang digunakan Aki Lengser merupakan pakaian Adat khas Sunda, dengan menggunakan baju Salontreng berwarna hitam, ikat kepala khas Sunda, sarung, sandal terompah dan tas kaneron yang terbuat dari lilitan bambu.

Kehadiran Aki Lengser dengan gigi ompong yang di ciptakan mejadi kesan lebih original seperti kakek-kakek ini menarik perhatian para penonton atau para tamu undangan yang menghadiri acara pernikahan tersebut. (red)

0 Komentar