Pj Bupati Evaluasi Kinerja BUMD Sumedang 

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dan Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati
ISTIMEWA: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dan Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli didampingi Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati melaksanakan pembinaan dan evaluasi terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Sumedang di Ruang Rapat Cakrabuana, PPS, Senin (29/4/2024). 

Hadir dalam evaluasi tersebut, jajaran Direksi dan Dewan Pengawas dari masing-masing BUMD yakni Bank Sumedang, PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM), PT Kampung Makmur dan PDAM Tirta Medal. 

Pj Bupati Yudia Ramli menyebutkan, dari empat BUMD Kabupaten Sumedang, tiga diantaranya berkinerja positif. 

Baca Juga:Buruh Asal Sumedang Ikuti Aksi May Day di JakartaKompakdesi Ingin Berpartisipasi Majukan Sumedang

“Tinggal satu BUMD yang akan kita kawal dan dukungannya lebih ketat,” ucap Pj Bupati Yudia. 

Begitu pula dengan dengan keberagaman usahanya, lanjut Yudia, perlu adanya optimalisasi di masing-masing bidang. 

“Dari sembilan core busines-nya, hanya baru tiga yang jalan. Makanya kita akan fokuskan,” ucap Yudia. 

Dengan upaya tersebut, ia berharap semua BUMD dapat berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumedang.“Mudah-mudahan ke depan BUMD Sumedang memiliki daya ungkit terhadap PAD Kabupaten Sumedang,” kata Yudia. 

Sementara itu, Plh Sekretaris Derah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati dalam  menyebutkan, pemerintah daerah sudah rutin melaksanakan evaluasi sebagai salah satu tugas dan kewenangan selaku pemilik BUMD. 

“Sebetulnya setiap BUMD (rutin) kita evaluasi. Tetapi secara keseluruhan berbarengan sudah lama tidak. Ini adalah kesempatan yang bagus,” kata Tuti. 

Menurutnya, pengalaman Bupati Yudia Ramli pernah menjabat sebagai Direktur BUMD dan BLUD di Kementrian Dalam Negeri menjadi nilai tambah dalam pembinaan terhadap BUMD Kabupaten Sumedang. 

Baca Juga:Pemerintah Desa Margamekar Optimalkan Pelayanan dan Ketahanan PanganDesa Cerdas di Kabupaten Sumedang akan Mendapat Rp 50 Juta dari Pusat

“Tentunya Pak Pj banyak sekali pengalaman jejaring yang bisa memberikan pencerahan kepada kita sehingga Pak Pj Bupati ingin melihat perkembangan sekaligus mengevaluasi potret BUMD saat ini,” ucapnya. 

Oleh karena itu, Pj Bupati dalam kesempatan tersebut banyak memberikan masukan demi kemajuan BUMD Sumedang. 

“Pj Bupati memberikan saran, arahan, kebijakan untuk lebih mengembangkan lagi, agar lebih sehat dan produktif. Intinya (agar) BUMD di Sumedang menjadi motor penggerak roda perekonomian di daerah,” pungkasnya.

0 Komentar