Balai Ternak Baznas Dongkrak Perekonomian di Sumedang

PROGRAM EKONOMI: Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA memberi makan hewan ternak, di sela-sela kunjunga
ISTIMEWA, PROGRAM EKONOMI: Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA memberi makan hewan ternak, di sela-sela kunjungannya ke Jatigede, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – JATIGEDE- Upaya meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan angka kemiskinan, Badan Amil Zakat Nasional (Basnas) RI meluncurkan program Balai Ternak.  Balai yang dibranding dengan Balai Ternak Baznas itu, berlokasi  di Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede. 

“Peternakan ini menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat desa, dalam rangka untuk meningkatkan pendapatannya,” ujar  Ketua Baznas RI,  KH Noor Achmad, MA di Jatigede baru-baru ini. 

Dengan begitu, dia berkeinginan agar para  mustahik bisa menjadi muzaki, sebagai mana salah satu andalan Baznas, bagaimana bisa memberdayakan peternakan tersebut. 

 

Baca Juga:Pelaku Penganiayaan di Cicalengka Berhasil Diamankan KepolisianCuaca Panas Mengejutkan Warga, Ini Penjelasan BMKG!

Disebutkan, balai ternak Baznas Sumedang merupakan  percontohan. Sehingga, perluasan program balai ternak ke daerah lain, akan sangat tergantung dari tingkat keberhasilan di balai ternak Baznas Kabupaten Sumedang.

“Di sini ada 225 kambing yang dipelihara oleh 25 peternak dan didampingi oleh seorang pendamping,” tuturnya. 

Setelah program itu dikembangkan, kata Noor Ahcmad, akan diketahui bagaimana hasil perkembangannya. 

“Jika perkembangannya bagus, maka kita akan kembangkan ke daerah-daerah lainnya. Di daerah lain juga sudah bagus, di Tuban misalnya,” imbuhnya.

Lebih jauh Noor Achmad menuturkan, program balai ternak Baznas Kabupaten Sumedang, bukan hanya sebuah upaya penyediaan sumber penghasilan tambahan semata.  Lebih dari itu, pihaknya ingin menjadi model pembangunan inklusif, yang membangun kapasitas, mengembangkan ekonomi lokal dan menggerakkan roda kemajuan bersama.

“Berdasarkan data Sumedang Dalam Angka dari BPS tahun 2023, jumlah keluarga Pra Sejahtera di Sumedang kurang lebih mencapai 9,36 persen dari jumlah seluruh KK di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya. 

Dia berharap, hewan ternak tersebut harus dipelihara dengan, harus amanah, harus dijaga, bahwa hewan-hewan tersebut merupakan dana yang harus digulirkan.

Baca Juga:Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota BandungKorsleting Listrik, Rumah Panggung di Cimanggung Kebakaran

“Jangan sampai memikirkan diri sendiri. Kalau dirinya sendiri sudah cukup, langsung pikirkan orang lain, terus semacam itu,” katanya. (red)

0 Komentar