Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana Mendorong Hadirnya Kolaborasi Antardosen dan Staf Menghadapi Tantangan

Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana Mendorong Hadirnya Kolaborasi Antardosen dan Staf Menghadapi Tantangan
Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana Mendorong Hadirnya Kolaborasi Antardosen dan Staf Menghadapi Tantangan dalam Pengembangan Karier Pengajaran di Perguruan Tinggi
0 Komentar

Dalam kaitan ini, ucap Dr Aqua Dwipayana, Ketersediaan fasilitas yang memadai, seperti ruang kantor yang nyaman, akses ke perpustakaan dan laboratorium, serta dukungan administratif, sangat berpengaruh terhadap kepuasan kerja dosen.

Selain mengajar dan meneliti, kata penghobi silaturahim ini, dosen sering kali dibebani dengan tugas administratif, seperti mengelola program studi, membimbing mahasiswa, dan terlibat dalam komite-komite akademik.

Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini melanjutkan, dosen harus terus mengikuti perkembangan teknologi pendidikan dan mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran. Ini termasuk penggunaan Learning Management System (LMS), media sosial, dan alat-alat digital lainnya.

Baca Juga:Indra Jayaatmaja Ramaikan Bursa Bacaleg Sumedang 2024Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tekankan Pentingnya Pelatihan Khusus Komunikasi bagi Personel Ditpolairud

Untuk jangka panjang, Dr Aqua Dwipayana merekomendasikan perubahan kebijakan dan regulasi di tingkat institusi atau nasional dapat mempengaruhi beban kerja dan fokus akademik dosen. Mereka harus cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut.

“Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, dukungan dari institusi sangat krusial. Penyediaan pelatihan, pengembangan profesional, fasilitas yang memadai, serta kebijakan yang mendukung kesejahteraan dosen dapat membantu mereka mengatasi tekanan dan meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan,” kata Dr Aqua Dwipayana menegaskan. 

Sejarah FPPK UBBFPPK UBB sejak awal berdiri berperan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul di bidang pertanian, perikanan, dan kelautan yang didasarkan kepada mental, moral dan Intelektuan yang unggul. 

FPPK UBB memiliki disiplin keilmuan yang beragam sehingga mahasiswa akan mempunyai pilihan beberapa program studi antara lain, Program studi Agroteknologi Pertanian , Agribisnis Pertanian, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Akuakultur, Biologi, Perikanan Tangkap, dan Magister Ilmu Pertanian. Hal ini sekaligus memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Juga para peneliti, dosen, industri, dan lembaga lainnya yang ingin bekerjasama dengan FPPK UBB. 

Aktivitas akademik di FPPK UBB didukung oleh sarana dan prasarana pendidikan, praktikum, dan penelitian, yaitu kebun percobaan, hatchery, dan hutan konsevasi. Selain itu juga memiliki pengalaman kerjasama yang cukup luas dengan sesama lembaga pendidikan, lembaga riset, pemerintah, lembaga non-pemerintah dan industri, sehingga mampu untuk memfasilitasi kerjasama yang intensif. 

0 Komentar