Jadikan Masjid Sebagai Sentral Pemberdayaan Umat

Foto: Dok Humas Sumedang
Foto: Dok Humas Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – RANCAKALONG – Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli menjadi khatib dan imam Salat Jumat di Masjid Besar Al Hikmah Rancakalong dalam Safari Jumat Berkah, Jumat (17/5/2024).

Dalam khutbah Jumat-nya, Pj Bupati Yudia mengajak menjadikan masjid sebagai sentral pemberdayaan masyarakat.

“Jadikan masjid sentral perekonomian bahkan masjid bisa dijadikan pendampingan terhadap masyarakat yang miskin,” kata Yudia.

Baca Juga:Desa Sukasirnarasa Rancakalong Terbaik III Nasional Program GKSTTBBlusukan ke Rancakalong, Pj Bupati Yudia Temui Warga Kurang Mampu

Saat ini, Pemkab Sumedang sedang gencar untuk menurunkan angka kemiskinan. Bahkan untuk kemiskinan ekstrem di Sumedang sedang diupayakan untuk menjadi nol persen.

“Mari bersama-sama mengentaskan kemiskinan ekstrem. Khatib mengajak kepada seluruh jemaah jadikan masjid sebagai sentral pemberdayaan masyarakat,” katanya. 

Menurutnya, pemerintah tidak bisa menggerakan programnya hanya dengan mengandalkan APBD tetapi bersinergi dengan BAZNas dan dengan dunia usaha lainnya.

“Zakat yang dikelola BAZNas Sumedang ini sebagian besar sumbernya dari zakat ASN Sumedang. Dalam pengentasan kemiskinan di Sumedang agar bersama-sama dalam pengentasan kemiskinan ekstrem,” katanya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Besar Al-Hikmah Rancakalong H Samsudin merasa bersyukur atas kedatangan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dan bersilaturahmi dengan warga masyarakat Rancakalong.

“Mudah-mudahan kehadiran Pak Bupati membawa berkah untuk semuanya. Sehingga terkait masalah keagaman bisa tambah maju di Kecamatan Rancakalong terkhusus di Kabupaten Sumedang,” kata Samsudin. (red)

0 Komentar