Memiliki Rasa Unik, Kopi Sumedang Mendunia

BERPRESTASI: Ryan Wibawa yang berhasil meraih peringkat tiga di World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Ser
BERPRESTASI: Ryan Wibawa yang berhasil meraih peringkat tiga di World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat, Foto Instagram: @ryanwibawa.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Kopi asal Kabupaten Sumedang khususnya kopi excelsa. Permintaan akan biji kopi excelsa dari Sumedang meningkat tajam, berkat karakteristiknya yang unik dengan rasa yang pekat, menggabungkan pahit yang dominan dengan sentuhan manis, masam, dan sepat.

Keberhasilan ini tidak lepas dari prestasi gemilang barista Ryan Wibawa, yang berhasil meraih peringkat tiga di World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat. Kopi excelsa dari Sumedang menjadi salah satu yang disajikan Ryan dalam kejuaraan tersebut, sehingga namanya semakin dikenal di kancah internasional. 

Keberhasilan Ryan membawa harum nama Indonesia dan secara khusus mengangkat citra kopi Sumedang di mata dunia. Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menyatakan bahwa kopi excelsa kini menjadi kebanggaan Indonesia, berkat racikan Ryan Wibawa yang sukses meraih peringkat tiga di ajang bergengsi tersebut. 

Baca Juga:Pedagang Jajanan di Sekolah Harus Lolos SertifikasiKarena Iseng, Jari Seorang Siswi di Sumedang Tersangkut di Bangku

Sumedang memang sudah lama dikenal sebagai salah satu sentra kopi grade 1 di Indonesia, dengan produksi kopi yang berasal dari berbagai daerah seperti Gunung Manglayang, Gunung Beser Rancakalong, Gugusan Gunung Kareumbi, Gunung Cakrabuana, dan Gunung Tampomas. Varian kopi yang dihasilkan pun beragam, termasuk arabika, robusta, liberika, dan excelsa.

Keberhasilan Ryan Wibawa di tingkat dunia membawa dampak positif bagi kopi excelsa Sumedang, membuat permintaan akan jenis kopi ini meningkat pesat. Diharapkan kopi Sumedang akan terus berlanjut dan memperkuat posisinya sebagai sentra kopi utama di Indonesia.

“Bagi yang penasaran dan ingin mencoba kopi yang telah meraih juara dunia ini, dengan berbagai varian rasa yang ditawarkannya, Sumedang adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Mari kita dukung kebangkitan kopi Sumedang dan nikmati kopi excelsa yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional”, pungkasnya. (red)

0 Komentar