Sumedang Kembali Diguncang Gempa M 2,8: Getaran Dirasakan Nyata Dalam Rumah

Foto: BMKG
Foto: BMKG
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Warga Kabupaten Sumedang kembali dikagetkan dengan adanya gempa bumi pada Kamis (23/5/2024) sekitar pukul 15.27. Berdasarkan keterangan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 2,8. 

Episenter terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.95 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km TimurLaut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 14 km. BMKG juga menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. 

Sementara itu, menurut BMKG, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Baca Juga:PKK Desa Rancamulya Gelar Kegiatan  B2SATNI Gelar Pelayanan Kesehatan KB di Tanjungmedar

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” tulis BMKG.  BMKG memastikan, hingga pukul 15.53 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbau BMKG.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno memastikan gempa bumi kali ini tidak berdampak di wilayah Kabupaten Sumedang. 

“Semuanya aman-aman saja, tidak ada dampak kerusakan,” ujarnya saat dihubungi Sumeks. 

Dia pun mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian gempa bumi kepada PJ Bupati Sumedang. 

“Kami sudah melaporkannya,” tutupnya. (bim)

0 Komentar