KPU Sumedang Melantik Ratusan Anggota PPS untuk Pilkada 2024

KHIDMAT: Puluhan anggota Panwascam Kecamatan telah resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Sumedang Ade Adrianta, di
KHIDMAT: Puluhan anggota Panwascam Kecamatan telah resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Sumedang Ade Adrianta, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, baru-baru ini, Foto: Dok Sumeks/Atep Bimo.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – KPU Kabupaten Sumedang resmi melantik 831 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sumedang. Pelantikan dihadiri PJ Sekretaris Daerah (Sekda) Tuti Ruswati yang mewakili Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli, unsur Forkopimda, Bawaslu Sumedang serta unsur lainnya, di Graha Asia Plaza, Minggu (26/5). 

Pelantikan sendiri berlangsung khidmat dan meriah disertai berbagai penampilan seni. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi menuturkan, sebelumnya pada tanggal (16/5) lalu telah melantik anggota PPK.

“Artinya Adhoc sudah terbentuk, beberapa tahapan juga memang sudah berjalan. Hari ini kami telah melakukan verifikasi administrasi untuk untuk calon pasangan perseorangan,” ujar Ogi kepada awak media seusai acara pelantikan PPS.

Baca Juga:Jalan Tomo-Jatigede Mulus: Kunjungan Wisata MeningkatGelaran Internasional KTT WWF Ke-10 di Bali Selesai, PLN Sukses Kawal Kelistrikan Tanpa Kedip

Dikatakan, PPS yang dilantik barusan pada awal Juni mereka langsung melakukan verifikasi faktual atas dokumen yang telah diserahkan oleh bakal calon perseorangan.

“Akhir bulan mei ini pemutakhiran data sudah mulai berjalan. Artinya, ketika mereka dilantik pasca pelantikan kami akan melakukan pembekalan,” ujarnya.

Ogi melanjutkan, setelah pembekalan mereka bisa langsung konsolidasi di internal. Dan, mereka juga melakukan berbagai tugas.  

“Salah satunya yang terdekat adalah melakukan pemutakhiran data. Karena tanggal 23 Mei kemarin kami, Kabupaten Sumedang telah mendapatkan DP4 dari KPU Provinsi Jawa Barat,” tegasnya.

“Jadi nanti PPS itu langsung bertugas pemutakhiran data. Kemudian, juga pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih. Lalu, juga melakukan verifikasi faktual bakal calon perseorangan,” tuturnya. 

Sementara itu, PJ Sekda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati mengatakan dengan pelantikan anggota PPS ini diharapkan bisa membawa pencerahan. Atau, bisa menjadi titik awal bagaimana penyelenggaraan pemilukada di Kabupaten Sumedang hingga sukses.

“Diantaranya, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang ini bisa dengan sukses jujur adil tanpa ekses,” harapnya. (bim)

0 Komentar