Pemdes Cimalaka Prioritaskan Penguatan Ketahanan Pangan

MENYAMPAIKAN: Sekretaris Desa Cimalaka, Yudi Budiawan, saat memberikan keterangan kepada Sumeks terkait penera
MENYAMPAIKAN: Sekretaris Desa Cimalaka, Yudi Budiawan, saat memberikan keterangan kepada Sumeks terkait penerapan program Ketahanan pangan di Desanya, Selasa (28/5), Foto: Dok Sumeks/Ahmad Sofa.
0 Komentar

sumedangekspres – CIMALAKA – Pemerintah Desa Cimalaka Kecamatan Cimalaka memprioritaskan 3 bidang dalam program Ketahanan Pangan. 

“Program kegiatan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024 untuk program ketahanan pangan di desa kami ada tiga kegiatan  yaitu, bidang pertanian , perikanan dan peternakan,” Ucap Kepala Desa Cimalaka, Dadang Suryana melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Cimalaka, Yudi  Budiawan, kepada Sumeks, Selasa (28/5).

Ia menuturkan, program ini sudah dianggarkan dan sudah disampaikan dalam kerangka Anggaran Pembelian dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024.

Baca Juga:Dinas Perkimtan Kabupaten Sumedang Berantas Kemiskinan Ekstrem dengan RutilahuIDM Desa Licin Kecamatan Cimalaka Naik 35 Poin: Jangan Sampai Menurun

Dimana kegiatanya adalah penguatan untuk kelompok tani, kemudian penguatan kepada kelompok peternakan, dan perikanan.

“Dalam hal ini kami selaku Pemerintahan Desa mengacu kepada keberhasilan untuk penguatan ketahanan pangan ditingkat desa, dimana di desa kami ada kelompok yang memang sudah cukup baik di dalam pengelolaannya dan sudah memberikan kontribusi kepada Pemerintahan Desa Cimalaka,” kata Sekdes.

Sekdes mengatakan, pada tahun 2024 sesuai APBDes, Pemerintahan Desa Cimalaka akan tetap menyalurkan anggaran DD pada program ketahanan pangan kepada kelompok-kelompok yang sudah berhasil.

“Seperti penguatan kepada kelompok perikanan ternak ikan Lele di RW 05, kemudian juga penguatan kepada kelompok pertanian di RW 02, penguatan kepada kelompok Ternak Domba di RW 04 dan penguatan kepada kelompok tani penanaman pohon pisang, namun untuk kelompok ini kami masih dalam proses,  karena ada yang harus diselesaikan di dalam pengelompokannya,” ucapnya.

 “Jadi untuk tahun 2024  Desa Cimalaka, akan berhasil dan berdayaguna khususnya di bidang ketahanan pangan, imbuhnya.

Sekdes menjelaskan, kegiatan ini tidak lepas dari Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang sudah dibuatkan pada tahun 2023 untuk dilaksanakan penerapanya pada tahun 2024 dan sudah disetujui oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cimalaka.

“Dan kami sampaikan juga bahwa kegiatan ketahanan pangan ini, walaupun bersumber dari DD tetapi kami sampaikan laporannya di kegiatan pemberdayaan masyarakat, sebagaimana visi dan misi Kepala Desa tujuannya mensejahterakan masyarakat melalui program ketahanan pangan, mudah- mudahan di tahun 2024 untuk Desa Cimalaka tetap bisa menjalankan program ini secara baik dan benar” tutup Sekdes. (ahm)

0 Komentar