Waspada Hindari! Inilah 7 Penyebab Kaki Sering Kram Atau Kesemutan

Kenali 7 Penyebab Kaki Kram dan Kesemutan
Kenali 7 Penyebab Kaki Kram dan Kesemutan
0 Komentar

sumedangekspres – Waspada Hindari! Inilah 7 Penyebab Kaki Sering Kram Atau Kesemutan

Kaki kesemutan adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Kesemutan, atau dalam istilah medis disebut parestesia, biasanya ditandai dengan rasa kebas serta muncul sensasi seperti tertusuk jarum namun cukup ringan. Kondisi ini paling sering terjadi pada bagian kaki dan tangan.

Kesemutan pada kaki terkadang membuat penderitanya kesulitan berjalan untuk sementara waktu. Namun, pada kondisi normal, kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat dengan mengubah posisi kaki atau menggerakkannya. 

Kesemutan biasanya disebabkan oleh tekanan yang terlalu lama pada saraf atau pembuluh darah di area tertentu, dan perubahan posisi dapat membantu mengembalikan sirkulasi darah normal sehingga gejala kesemutan mereda.

Baca Juga:Tiket Masuk Danau Cibeureum , GRATIS!, Jam Operasional nya Setiap Hari 24 JamLegenda Danau Cibeureum Bekasi Kini Menjadi Tempat Wiata Favorit Masyarakat Lokal Maupun Non Lokal

Kesemutan yang disebabkan oleh posisi duduk bersila atau berlutut terlalu lama sebetulnya tidak berbahaya, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Namun, apabila kesemutan terjadi terlalu sering disertai gejala lain, kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa saja menjadi tanda adanya penyakit tertentu, seperti:

1. Diabetes: Kesemutan pada penderita diabetes disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf tepi atau disebut juga dengan neuropati diabetik. Selain kesemutan, gejala lain yang menyertai kondisi ini adalah rasa nyeri dan panas di kedua kaki, terutama di jari dan telapak kaki. Apabila diabetes tidak ditangani dengan baik, saraf di kaki akan mengalami mati rasa sehingga penderita tidak menyadari apabila terdapat luka di kakinya. Hal ini dapat mengakibatkan luka tidak tertangani dengan baik dan menjadi sumber infeksi.

2. Penyakit Autoimun: Sejumlah penyakit autoimun, seperti penyakit celiac dan lupus, juga bisa menjadi penyebab kaki sering kesemutan. Penyakit autoimun adalah kondisi medis yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat dalam tubuh. Untuk memastikan kondisi ini, dibutuhkan pemeriksaan darah oleh dokter.

3. Saraf Terjepit: Saraf kejepit biasanya berasal dari cedera atau pembengkakan yang tidak diketahui secara pasti pemicunya. Selain itu, kurang aktif bergerak juga bisa menyebabkan terjadinya saraf terjepit.

4. Gagal Ginjal: Kaki sering kesemutan merupakan salah satu gejala gagal ginjal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk komplikasi penyakit lain, seperti hipertensi dan diabetes. Gejala kesemutan akibat gagal ginjal biasanya disertai dengan sensasi nyeri seperti tertusuk jarum, kram otot, kebas, serta kelemahan pada otot kaki.

0 Komentar