Manfaat Daun Soeharto Untuk Kesehatan Tubuh dan Racun Untuk Spesies Nyamuk

Daun Soeharto
Manfaat Daun Soeharto Untuk Kesehatan Tubuh dan Racun Untuk Nyamuk
0 Komentar

Sumedangekspres – Manfaat Daun Soeharto Untuk Kesehatan Tubuh dan Racun Untuk Spesies Nyamuk

Rumput minjangan atau Chromolaena odorata yang diberikan sangat rinci, termasuk tingginya, sifat batang, dan warna serta tekstur bunganya. Selain itu, disebutkan juga beragam nama sebutan rumput tersebut.

Rumput minjangan atau Chromolaena odorata sering ditemukan di daerah perbukitan dengan tinggi mencapai lebih dari 1 meter, batangnya keras, dan bunganya berwarna putih lembut. Selain itu, rumput ini memiliki beragam nama sebutan seperti kirinyuh, Siam-Kraut, agonoi, dan banyak lagi.

Baca Juga:Pancasila Tidak Hanya Menjadi Dasar Negara dan Ideologi, tetapi Juga Merupakan Alat Pemersatu yang Luar BiasaPemilihan Tanggal 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila

Di Lombok Utara, terutama di pedalaman, rumput minjangan sering disebut sebagai rumput Soeharto. Rumput ini sering digunakan sebagai obat atau antibiotik untuk mengobati luka. Caranya adalah dengan menghaluskan rumput ini dan menempelkannya pada bagian kulit yang terluka.

Air lumatan daun Soeharto atau minjangan memang memberikan sensasi perih yang kuat, namun hanya sebentar. Setelah itu, darah yang keluar dari luka akan berhenti, dan kulit akan sembuh dengan cepat. Daun Soeharto mengandung senyawa aktif seperti fenolik, flavonoid, saponin, terpenoid, tanin, dan steroid, sehingga sangat efektif sebagai antibiotik untuk mengobati luka.

Rumput minjangan memiliki banyak manfaat. Ekstrak akar dan daunnya dapat digunakan untuk mengobati sakit maag atau muntah darah. Selain itu, tumbuhan ini juga digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama seperti pada buah kakao, rayap, kecoa, dan bekicot. Bahkan, dalam penelitian lain, diketahui bahwa tumbuhan ini dapat menjadi racun bagi beberapa spesies nyamuk.(*)

0 Komentar