Sukagalih Prioritaskan Penguatan Ketahanan Pangan

Sukagalih Prioritaskan Penguatan Ketahanan Pangan
Kepala Desa Sukagalih, Onih Noer Rosidah saat memaparkan program ketahanan Pangan tahun 2024 di desanya kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres – Pemerintah Desa Sukagalih Kecamatan Sumedang Selatan memprioritaskan lima bidang dalam program Ketahanan Pangan.

“Program kegiatan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024 untuk program ketahanan pangan di desa kami ada lima kegiatan bidang pertanian , perikanan dan peternakan,” Ucap Kepala Desa (Kades) Sukagalih, Onih Noer Rosidah kepada Sumeks, kemarin.

Ia menuturkan, program ini sudah dianggarkan dan sudah disampaikan dalam kerangka Anggaran Pembelian dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024. Dimana kegiatannya adalah penguatan untuk kelompok tani, Penurunan angka stunting dan pengentasan angka kemiskinan.

Baca Juga:Menteri AHY Serahkan 136 Sertifikat Tanah Elektronik , Gedung Sate dan Lapangan Gasibu Kini Berkepastian HukumBey Machmudin Sambut Baik Implementasi Sertipikat Tanah Elektronik

Kades mengatakan, pada tahun 2024 sesuai APBDes Pemerintahan Desa Sukagalih akan tetap menyalurkan anggaran DD pada program ketahanan pangan bagi masyarakat.

“Lima kegiatan program ketahanan pangan di Desa Sukagalih pembuatan irigasi di Dusun Nangkod RT 02 RW 05, kedua pelatihan cara bercocok tanam padi yang baik di sawah yang diberikan kepada para kelompok Tani di Sukagalih, ucap Kades.

Ketiga lanjut Kades, pembinaan pengolahan makanan pangan non beras, keempat pemberian ayam petelor bagi keluarga miskin ekstrim dan terakhir Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi bayi stunting.

Kades berharap program ketahanan pangan bisa terus berkelanjutan di desanya dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

“Mudah-mudahan program ketahanan pangan ini bisa terus berkelanjutan sampai para petani dan peternak bisa berdayaguna dalam meningkatkan perekonomian keluarganya, sehingga angka kemiskinan bisa berkurang dan terwujudnya zero stunting diwilayah kami, Desa Sukagalih,” tutup Kades. (ahm)

0 Komentar