Program PTMGRMD di Sumedang Resmi Ditutup Pj Bupati

TUTUP: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat memberikan produk UMKM ke salah satu Mahasiswa di Acara Penutupan P
ISTIMEWA, TUTUP: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat memberikan produk UMKM ke salah satu Mahasiswa di Acara Penutupan PTMGRMD, di PPS, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong-Royong Membangun Desa (PTMGRMD) yang berjalan kurang lebih selama 4 bulan dari 17 Februari hingga 17 Juni 2024 resmi ditutup Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli di Aula Tampomas Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), baru-baru ini.

Program PTMGRMD  merupakan wujud kolaborasi antara Pemda Sumedang dengan 142 perguruan tinggi, 25 Kecamatan dan 123 desa/kelurahan serta melibatkan dunia usaha dan juga BUMD dengan menyasar 5 indikator kinerja.

Pj Bupati Yudia mengatakan, program PTMGRMD di Kabupaten Sumedang banyak memberikan manfaat serta telah dirasakan masyarakat baik secara langsung, maupun tidak langsung dalam membantu meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat.

Baca Juga:Turnamen  "Kapolsek Cimanggung Cup" Pererat Hubungan Antar WargaRSUD Sumedang Akan Berganti Nama: Jadi Nama Wakil Presiden

Menurut Yudia, keberhasilan program PTMGRMD tidak terlepas dari perencanaan yang matang dan terukur dengan dukungan penuh dari berbagai pihak terutama LLDIKTI Wilayah IV dan dedikasi serta kerja keras mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi.

“Terima kasih kepada semua pihak  atas dukungan program PTMGRMD, khususnya kepada para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keahliannya untuk membantu masyarakat,” ucapnya.

Selain itu ia juga mengatakan, Mahasiswa turut mengembangkan potensi yang dimiliki serta dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat terutama terkait kemiskinan ekstrem.

Penutupan program PTMGRMD di Kabupaten Sumedang bukan berarti akhir dari upaya untuk membangunan desa, karena semangat kolaborasi dan gotong royong yang selama ini terbangun harus  dijaga dan dilestarikan.

“Pemda, perguruan tinggi, dunia usaha dan masyarakat harus terus bersinergi dalam program-program pemberdayaan desa terutama dalam rangka mewujudkan Sumedang Sehati Sejahtera agamis dan demokratis,” tuturnya.

Sementara itu, Plh Kepala LLDIKTI wilayah IV Agus Supriatna mengatakan,  PTMGRMD sebagai bagian dari implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 untuk mewujudkan Kampus Merdeka Mandiri di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV.

Program ini, kata dia, merupakan penerapan kolaborasi pentahelix antara LLDIKTI wilayah IV, perguruan tinggi, Pemda Sumedang dan warga masyarakat agar memiliki kepemilikan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainability Development Goals).

Baca Juga:Warga Desa Sindangpakuon Patungan Beli Hewan KurbanKPU Sumedang Rekrut Ribuan Pantarlih Pilkada 2024

“Tujuan utamanya adalah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengasah soft skills , kerja sama tim lintas disiplin keilmuan dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan,” katanya.

0 Komentar