LS Vinus Soroti Rekrutmen Pantarlih Pilkada: Pastikan Proses Sesuai Aturan

SOSOK: Ketua Lembaga Study Visi Nusantara Maju Sumedang Dodi Partawijaya.
SOSOK: Ketua Lembaga Study Visi Nusantara Maju Sumedang Dodi Partawijaya.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Guna menjamin prosesnya dilaksanakan secara berintegritas dan transparan, Pemantau Lembaga Study Visi Nusantara Maju Sumedang lakukan pengawasan secara aktif dan Random proses rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Proses rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih) sendiri dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 19 Juni 2024.

Adapun fokus pengawasan selain memastikan proses rekrutmen sesuai aturan, juga memastikan petugas PPDP tidak terafiliasi partai politik dan indikasi joki pada pelaksanaan pemutakhirannya.

Baca Juga:Yayasan Insan Sejahtera Sumedang Gelar Kurban Idul Adha 1445 HDony Ahmad Munir Sambangi Sekre IJTI: Mereka Komunikatif Dalam Memberikan Masukan

Ketua Korja LS Vinus Sumedang, Dodi Partawijaya, menegaskan pengawasan akan dilakukan dengan maksimal. Tentunya, untuk memastikan tidak adanya pelanggaran ataupun kesalahan prosedur dalam perekrutan Pantarlih/PPDP. 

“Kami berkomitmen untuk memastikan proses rekruitmen Pantarlih berjalan sesuai dengan aturan dan tidak ada pelanggaran yang terjadi,” ungkap Dodi, Selasa (18/6).

Ditegaskan, pengawasan Pemantau ini bertujuan untuk menjaga kualitas data pemilih yang kami lakukan sebagai NGO Mitra dari penyelenggara Pemilu. 

Sementara itu, lanjut dia, koordinasi dengan PPK dilakukan guna menyampaikan pencegahan secara aktif sejak dimulainya pembukaan pendaftaran Pantarlih/PPDP hingga pelaksanaan tahapan pemutakhiran daftar pemilih berjalan.  

“Tahapan ini sangat penting mengingat Pantarlih akan bertugas melakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih, yang menjadi salah satu fondasi utama dalam penyelenggaraan pemilu yang kredibel,” tegas Dodi.

Dengan pengawasan ketat dari Bawaslu dan Pemantau Pemilu, kata dia, diharapkan proses perekrutan Pantarlih dapat berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Harapannya semua pihak dapat bekerja sama berperan aktif pada setiap tahapan pemilihan demi suksesnya Pilkada Serentak 2024 yang akan datang,” pungkas Dodi. (bim)

0 Komentar