Rest Area Tol Cisumdawu Harus Tingkatkan Ekonomi Warga

BANGUN: Proses pembangunan rest area Tol Cisumdawu di Desa Cacaban, baru-baru ini.
BANGUN: Proses pembangunan rest area Tol Cisumdawu di Desa Cacaban, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – CONGGEANG – Pembangunan Rest Area Tol Cisumdawu yang diwacanakan di Desa Cacaban Kecamatan Conggeang diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan, dalam proses pembangunannya tidak mengganggu kehidupan masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan tokoh masyarakat Bana Banten Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang, Didin kepada Sumeks, Selasa (18/6).

Menurutnya, pembangunan rest area sendiri akan berdampak negatif dan positif bagi masyarakat sekitar. 

Baca Juga:LS Vinus Soroti Rekrutmen Pantarlih Pilkada: Pastikan Proses Sesuai AturanYayasan Insan Sejahtera Sumedang Gelar Kurban Idul Adha 1445 H

“Dampak negatifnya, saat pembangunan rest area harus memperhatikan lingkungan. Karena, akan berimbas kepada pesawahan milik warga yang berada di sekitarnya, seperti di wilayah Desa Babakanasem,” ujar Didin.

Dia menerangkan, imbasnya kejadian seperti saat hujan deras beberapa waktu. Beberapa pesawahan di Desa Babakanasem tergenang luapan air sungai Cianda yang menampung air dari Tol Cisumdawu. 

“Kejadian seperti itu jangan sampai terulang kembali, karena wilayah rest area yang direncanakan cukup luas akan berada di atas wilayah Desa Babakanasem,” katanya.

Disebutkan, untuk sisi positifnya, rest area diharapkan dapat berimbas pada peningkatan ekonomi warga sekitar, termasuk warga Desa Babakanasem, tidak didominasi pihak swasta saja. 

Diharapkan, meski telah disediakan wadah bagi karang taruna dan UMKM, namun warga yang mempunyai ekonomi lemah sebaiknya turut merasakan pembangunan rest area. 

“Seperti, diikut sertakan dalam pembangunan ataupun kedepannya apabila telah selesai dapat bekerja di sejumlah tempat yang berada di rest area tersebut,” katanya. 

Oleh karena itu, lanjut dia, pihak terkait yang berada di rest area bisa berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait ketersediaan tenaga kerja ataupun dampak yang akan dirasakan dengan adanya rest area itu sendiri. 

Baca Juga:Dony Ahmad Munir Sambangi Sekre IJTI: Mereka Komunikatif Dalam Memberikan MasukanEmpat Bacakada yang Daftar ke DPC PKB Sumedang Jalani UKK di DPP

“Hal itu sangat dibutuhkan agar keberadaan rest area dapat turut serta dirasakan oleh warga sekitar. Sehingga, juga turut meningkatkan taraf ekonomi warga,” tutupnya. (bim)

0 Komentar