Posyandu Tulip 2 Desa Pasirnanjung Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin: Upaya Deteksi Dini Penyakit

BERSAMA: Bhabinkamtibmas Desa Pasirnanjung Bripka M Gian Pratama saat berfoto dengan para kader Posyandu Tulip
BERSAMA: Bhabinkamtibmas Desa Pasirnanjung Bripka M Gian Pratama saat berfoto dengan para kader Posyandu Tulip 2, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – CIMANGGUNG – Para Kader Posyandu Tulip 2 yang bertempat di Dusun Putraco, RT 02 RW 02, Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan rutin. 

Kegiatan tersebut melibatkan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, dan lingkar kepala sebagai upaya deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular. 

“Kegiatan ini dipimpin oleh Bidan Desa dari Puskesmas Cimanggung dan dibantu oleh Kader Posyandu Desa Pasirnanjung,” terang terang Bhabinkamtibmas Desa Pasirnanjung Bripka M Gian Pratama, baru-baru ini.

Baca Juga:SMPN 3 Sumedang Gelar Pelepasan Siswa Tahun Ajaran 2023/2024Berkah Idul Adha 1445 Hijriah: CCEP Indonesia Bagikan Hewan Qurban dan Dukung Pengembangan Masyarakat

Dijelaskan, pemeriksaan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Bidan Desa, Kader Posyandu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta ibu-ibu hamil. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan yang kuat terhadap program kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lingkar perut. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak balita secara berkala. 

Dengan rutin melakukan pengukuran ini, diharapkan dapat terdeteksi secara dini adanya masalah kesehatan yang mungkin timbul, sehingga dapat segera ditangani. Adapun tujuan dari pemeriksaan rutin ini adalah untuk memantau tumbuh kembang anak balita sejak dini. 

Pemeriksaan ini dilakukan setiap bulan untuk memastikan anak-anak tumbuh dengan baik dan sehat. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai langkah preventif untuk menurunkan angka stunting di Desa Pasirnanjung.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan Bidan Desa. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui deteksi dini dan pencegahan berbagai penyakit. 

Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang sehat dan sejahtera. Selain pemeriksaan rutin, kegiatan di Posyandu Tulip 2 ini juga memberikan edukasi kepada ibu-ibu hamil mengenai pentingnya menjaga kesehatan selama kehamilan. 

Edukasi ini mencakup informasi tentang gizi yang seimbang, pentingnya pemeriksaan kehamilan rutin, serta cara-cara menjaga kesehatan ibu dan bayi. 

Baca Juga:Pengumuman Hasil PPDB Jabar Alami Kendala: Rinso Lakukan KoordinasiDony Ahmad Munir Puji Keberhasilan OPOP: Kembangkan Ekonomi Pesantren

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat Desa Pasirnanjung semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan aktif berpartisipasi dalam program-program kesehatan yang diselenggarakan. 

0 Komentar