Aktivasi IKD di Desa Jatimulya Capai 15 Persen

BERBINCANG: Kepala Desa Jatimulya Entis Sutiana S Sos, saat memaparkan pencapaian IKD di desanya kepada Sumeks
BERBINCANG: Kepala Desa Jatimulya Entis Sutiana S Sos, saat memaparkan pencapaian IKD di desanya kepada Sumeks, Rabu (10/7).
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA- Program registrasi atau aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau Digital ID, yang digulirkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang diteruskan ketiap kecamatan, kelurahan dan desa.

Di Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara, aktivasi IKD baru mencapai 15,80 persen dari target 1649 jiwa, dengan jumlah pencapaian 263 orang warga yang sudah aktivasi IKD per Rabu (10/7), ucap Kepala Desa (Kades) Jatimulya Entis Sutisna S Sos kepada Sumeks, Rabu (10/7).

Kades memaparkan, untuk pencapaian target IKD, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi untuk aktivasi IKD tersebut kepada warga masyarakat di desanya, dengan melibatkan para Perangkat Desa, Ketua RT dan RW serta para Kader disetiap kegiatan dan rapat – rapat yang melibatkan orang banyak dan juga melaksanakan jemput bola ketiap lingkungan RT di wilayahnya.

Baca Juga:Akibat Cuaca Buruk, Objek Wisata Tahura Gunung Kunci Sepi PengunjungRatusan Warga Desa Sawahdadap Kembali Terima Bantuan Beras

“Kami pihak Desa setiap saat selalu mengimbau dan mengajak masyarakat untuk segera melaksanakan aktivasi mengenai IKD, karena dengan IKD masyarakat bisa terbantu bila terjadi kehilangan KTP, tidak kesulitan mencari data diri karena sudah ada di aplikasi IKD di HP miliknya,” katanya.

Kades juga mengatakan, untuk program IKD tersebut memang pihaknya harus terus menerus melakukan sosialisasi kemasyarakat, hal tersebut karena banyaknya kendala dilapangan.

“Kendala dilapangan itu banyak, pertama pemahaman masyarakat untuk manfaat IKD kurang, kedua masyarakat juga perlu panduan untuk memasukan data identitas dirinya ke aplikasi IKD, ketiga terkadang di beberapa tempat diwilayah desa kami jaringan kurang mendukung tidak ada sinyal,” ucap Kades.

Kades berharap meskipun banyak kendala dilapangan pencapaian target IKD ini bisa tercapai pada bulan Agustus mendatang.

“Kami pemerintahan Desa Jatimulya  berharap kepada warga masyarakat supaya taat dan segera aktivasi IKD dengan mendaftar kepada para Ketua RW atau RT masing-masing, atau datang langsung ke kantor desa, dan kami juga berharap mudah-mudahan di bulan juli sekarang persentase IKD bisa mencapai 30 persen, dan pada  Agustus target IKD  di Desa Jatimulya bisa tercapai 100 persen. tutup Kades. (Ahm)

0 Komentar