Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur

Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur
(freepik.es)Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur
0 Komentar

sumedangekspres – Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur, Belakangan ini, penyebaran virus polio kembali marak terjadi. 

Virus ini menular lewat tinja dan air liur. Proses penularan dapat terjadi saat seseorang berkontak dengan tinja atau benda yang terkontaminasi virus tersebut. 

Misalnya, ketika tinja ada di air atau makanan yang kita konsumsi, itu bisa menjadi sumber penularan.

Baca Juga:Tak Disangka! Ini yang Dilakukan Panji Gumilang Menghirup Udara BebasReview Realme GT6 Indonesia Realme yang Dirindukan

Atau jika tangan kita menyentuh barang yang berkontak dengan tinja dari orang yang terinfeksi, virus itu bisa masuk ke mulut kita.

Dr. Wanda, Sp.A mengungkapkan, “Tinjanya, misal, ada di air atau makanan yang dikonsumsi, itu akan jadi bahan penularan.

Atau tangan kita menyentuh barang yang berkontak dengan tinja dari orang yang terinfeksi, virus itu juga bisa masuk ke mulut kita,” seperti yang dikutip dari Suara.com.

Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur

Mencegah Virus Polio dengan Vaksin Polio

Namun, kabar baiknya adalah virus polio ini dapat dicegah dengan vaksin polio. Vaksin ini membantu seseorang untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang akan melawan infeksi polio tersebut. 

Vaksin polio dirancang untuk mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian.

Menurut Siloam Hospital, vaksin polio adalah salah satu imunisasi wajib bagi bayi yang diberikan bersama dengan vaksin hiB, DPT, dan hepatitis B. Polio disebabkan oleh infeksi virus polio yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. 

Akibat infeksi ini, penderita tidak dapat menggerakkan bagian tubuh tertentu, seperti salah satu atau bahkan kedua kakinya.

Baca Juga:Cobain Laptop Gaming TERMURAH dari Asus A15… ! Ini Spek Asus Laptop A15 MenggilaAsus Menyerah… Review Zenfone 11 Ultra

Jadi, sangat penting untuk mendapatkan vaksin polio. Jangan lupa divaksin, ya!

Artikel ini telah tayang di pasundanekspres.co dengan judul Penyakit Polio sedang Marak-maraknya, Seberapa Penting Divaksin Polio?

Jenis-Jenis Vaksin Polio

Ada dua jenis vaksin polio, yaitu vaksin polio suntik (IPV) dan vaksin polio oral (OPV). Di bawah ini adalah penjelasan masing-masing jenis vaksin tersebut:

1. Vaksin Polio Suntik (IPV)

Vaksin polio suntik diberikan dengan cara menyuntikkan virus polio yang sudah tidak aktif atau mati. 

0 Komentar