Dampak Dari Pembukaan Lahan, Ratusan Hekare Hutan Terbakar

Dampak Dari Pembukaan Lahan, Ratusan Hekare Terbakar
(marimenulisid.blogspot.com) Dampak Dari Pembukaan Lahan, Ratusan Hekare Terbakar
0 Komentar

sumedangekspres – Kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Hutan Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara semakin meluas.

Malam kemarin, api semakin membara dan meluas hingga hingga ratusan hektare hutan.

Polres Samosir ikut terlibat dalam penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi di hutan lindung Siaraubung, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kawasan ini terkenal sebagai bagian dari wilayah wisata Danau Toba.

Baca Juga:Tragis: Jasad Ditemukan Sedang Disantap Seekor Biawak3 Orang Jadi Korban Penembakan, Warga Balas dengan Bakar 6 Mobil Aparat

“Penyelidikan terkait penyebab kebakaran sedang dilakukan oleh Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Samosir. Sekitar 40 hektare lebih area terbakar,” papar Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, pada Kamis, 18 Juli 2024.

Artikel ini telah terbit di Diswayid dengan judul Kebakaran Ratusan Hektare Hutan Danau Toba Membara Saat Malam hari, Pembukaan Lahan Diduga Jadi Biang Kerok!

Yogie menjelaskan bahwa kebakaran ini pertama kali terdeteksi pada Minggu, 14 Juli 2024, sekitar pukul 20.00 WIB, bermula dari perbukitan Dusun I Desa Aek Sipitudai, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir. Api kemudian menyebar ke lahan di Perbukitan Siaraubung, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian.

“Pada Senin, 15 Juli 2024, api masih menyala. Personel Polres Samosir, Polsek Harian, Koramil, BPBD, dan Manggala Agni berada di lokasi untuk mengamankan pemukiman warga dan memadamkan api yang dapat dijangkau,” tambahnya.

Pemadaman sulit dilakukan karena daerah kebakaran berada di perbukitan curam tanpa akses jalan yang memadai untuk kendaraan pemadam kebakaran. Cuaca angin kencang dan semak belukar yang kering memperparah situasi.

“Pada Selasa, 16 Juli 2024, sekitar pukul 11.00 WIB, titik api di perbukitan berhasil dipadamkan. Namun, petugas tetap siaga dan melakukan patroli untuk mencegah kemungkinan adanya titik api baru,” jelasnya.

Brigpol Vandu P Marpaung dari Polres Samosir menyatakan bahwa situasi terkini menunjukkan titik api di Perbukitan Siaraubung, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian sudah berhasil dipadamkan, meskipun petugas masih berjaga di sekitar lokasi.

Baca Juga:Cara Buat Toner Dari Bahan Alami, Cerahkan Kulit Kusam dan Pudarkan Noda Hitam dengan Cepat!Harga Dibawah Rp 50.000, 3 Skincare Dari Wardah Ini Ampuh Hilangkan Flek Hitam dan Bikin Wajah Jadi Awet Muda!

Yuliani Siregar dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatra Utara menyebutkan bahwa luas hutan yang terbakar di Siarubung, Dolok Sijonaha, Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir diperkirakan mencapai 100 hektare.

0 Komentar