Cara Menyimpan Ikan Agar Awet

sumedangekspres,
sumedangekspres,
0 Komentar

4. Pengasapan (Smoking)Pengasapan adalah metode lain yang efektif untuk mengawetkan ikan.

Langkah-langkah:

Bersihkan Ikan: Cuci ikan dan buang isi perutnya.Garam Ikan: Lumuri ikan dengan garam dan diamkan selama beberapa jam.Rendam dalam Larutan: Jika diinginkan, rendam ikan dalam larutan garam atau bumbu selama beberapa jam.

Asap Ikan: Asap ikan dengan menggunakan alat pengasap pada suhu rendah selama beberapa jam hingga ikan matang dan kering.Masa Simpan: Ikan asap dapat disimpan di tempat sejuk dan kering selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Baca Juga:Cara Budidaya Ikan ImpunManfaat Ikan Impun Bagi Kesehatan Badan

5. Pengalengan (Canning)Pengalengan adalah metode industri yang mengawetkan ikan dalam jangka panjang dengan cara memasukkannya ke dalam kaleng.

Langkah-langkah:

Bersihkan Ikan: Cuci ikan dan buang isi perutnya.Masak Ikan: Masak ikan dengan cara direbus atau dikukus.Masukkan ke Dalam Kaleng: Masukkan ikan yang sudah dimasak ke dalam kaleng bersama dengan larutan garam atau saus.

Sterilisasi: Sterilkan kaleng dengan cara dipanaskan dalam autoklaf atau panci bertekanan tinggi untuk membunuh bakteri.Masa Simpan: Ikan dalam kaleng dapat disimpan selama 1-2 tahun di tempat yang sejuk dan kering.Kesimpulan

Laman:

1 2
0 Komentar