Muhammad Iqbal Gwijangge, Pemain Timnas Kelahiran Sumedang

JUARA: Bek Timnas U-19 asal Sumedang Muhammad Iqbal Gwijangge saat berfoto dengan ibunya di Stadion Bung Tomo,
ISTIMEWA, JUARA: Bek Timnas U-19 asal Sumedang Muhammad Iqbal Gwijangge saat berfoto dengan ibunya di Stadion Bung Tomo, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sosok Muhammad Iqbal Gwijangge cukup fenomenal. Dia merupakan bek tangguh Timnas Indonesia U 19 yang baru saja menjuarai ajang Asean U-19 Boys Championship 2024. 

Iqbal Gwijangge, sapaan akrabnya, waktu kecil seperti anak kecil biasanya, dia senang bermain, terutama sepakbola. Iqbal sering bermain sepakbola di halaman dan rumah bersama teman-temannya. 

Iqbal Gwijangge sendiri lahir di Sumedang karena dibawa ibunya yang bekerja sebagai PNS di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang sekaligus sebagai atlet angkat berat. 

Baca Juga:Kondisi Bundaran Alam Sari, Bahayakan Pengguna JalanMomen Kemerdekaan, RSUD Sumedang Diberi Nama Umar Wirahadikusumah

“Iqbal mulai senang sepakbola nonton dari TV, nonton Persib, nonton Timnas. Terutama, Persib yang juara angkatan Makan Konate dan Atep. Kemudian, Timnas angkatan Irfan Bachdim,” ujar orang terdekat Iqbal Gwijangge sekaligus Pengusaha Opak Oded, Agung Gunawan kepada Sumeks di kediamannya, Conggeang, Rabu (31/7).

Dikatakan, semenjak itu Iqbal mulai lebih menyenangi sepakbola. Ketika masuk SD, Iqbal pindah ke Bandung karena ibunya pindah tugas. 

Kata dia, disana Iqbal mulai ikut SSB, mulai dari SSB Sidolig yang di Stadion Persib, kemudian ke Sasco dan Bandung Pro. 

“Mulai dari Bandung Pro, Iqbal mulai naik level dan bisa ikut Tim Jawa Barat U-13,” jelasnya. 

Disebutkan, mulai dari Bandung Pro juga Iqbal mulai ikut seleksi Timnas U-16 sampai ikut AFF U-16 hingga bisa juara. Di sana Iqbal menjadi kapten U-16. 

“Saat itu juga Iqbal Gwijangge muncul sebagai pemain terbaiknya. Sekarang, masuk Timnas U-17, U -18 dan di U-19 ini Iqbal Alhamdulillah bisa membawa Timnas Indonesia U 19 meraih juara lagi,” katanya. 

Sebelumnya, kata dia, di Piala Dunia U-17 Iqbal bersama Timnas Indonesia belum bisa memperoleh hasil yang terbaik. 

Baca Juga:Anak Wapres Dukung Erwan jadi BupatiAgar Tepat Sasaran BBM Bersubsidi Harus Dikendalikan

“Untuk sekarang didoakan supaya Indonesia masuk Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20,” harapnya.

Agung menyebutkan, Iqbal Gwijangge sendiri mempunyai kepribadian yang baik, bisa bergaul dengan siapa saja. Dan, menghormati keluarga, terutama orang tuanya. 

“Karena orang tuanya single parent, Iqbal sendiri sudah ditinggal oleh bapaknya dari sejak kecil akibat bercerai,” katanya.

0 Komentar