Target Aktivasi IKD di Desa Sukajaya Capai 46 Persen

JELASKAN: Kepala Desa Sukajaya Sukana saat memaparkan program IKD di desanya, Selasa (6/8).
JELASKAN: Kepala Desa Sukajaya Sukana saat memaparkan program IKD di desanya, Selasa (6/8), Foto: Asep Nurdin/Sumeks.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Upaya mengakselerasi program Identitas Kependudukan Digital (IKD), Pemerintahan Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan melakukan kunjungan ke setiap rumah warga mulai dari tingkat RW hingga RT. 

“Realisasi aktivasi IKD di Sukajaya dari target 1.661 sudah terealisasi sebanyak 939 atau 46 persen dari target yang sudah ditentukan,” kata Kepala Desa Sukajaya, Sukana menuturkan kepada Sumek di kantornya, Selasa (6/8). 

Dikatakan, dalam mengejar target tersebut, selain mengunjungi rumah warga, pihaknya pun acap kali menyambangi setiap acara – acara keramaian, yang terdapat kerumunan massa. 

Baca Juga:Pedagang di Conggeang Jadi Korban Hipnotis: Uang Senilai Rp 2 Juta RaibDony Makan Liwet dengan Warga Desa Cisurat

“Alhamdulillah membuahkan hasil yang cukup signifikan, sehingga jumlah aktifasi IKD meningkat,” ujarnya. 

Apalagi, sambung Sukana, Bulan Agustus sudah dipastikan banyak acara-acara hiburan rakyat, yang sudah barang tentu menjadi pemicu berkumpulnya warga. 

“Kita akan melakukan lagi penyisiran ke setiap tempat yang ada perkumpulan massa, operator kami dari desa akan mendatangi lagi tempat-tempat dimana masyarakat berkumpul,” imbuhnya. 

Namun di balik kerja kerasnya dalam menggenjot aktifasi IKD, dia mengaku menemui kendala, yakni handphone pintar yang rerata tidak dimiliki para lansia. 

“Kendala yang jelas, itu tidak semua masyarakat Desa Sukajaya yang sudah e-KTP, memiliki handphone android, terutama bagi para orang tua (Lansia), sehingga kami cukup kesulitan untuk mencapai target 1.661 itu,” tuturnya. 

Kendala tersebut, menurut Sukana, tidak bisa dicarikan solusi, lantaran yang bersangkutan tidak dimungkinkan lagi bisa mengoperasikan android. 

“Jika memang tidak memiliki hp android, ya kita lewat,” ucapnya. 

Baca Juga:Pameran Pekan Raya Sumedang, Arena Bermain Kurang PeminatPaskibraka Tingkat Kabupaten Sumedang Jalani Pelatihan dan Pemusatan

Saat ditanya persentasi warga yang tidak meiliki android lantaran lanjut usia, dia tidak bisa menyebutkan jumlah pasti. Lebih jauh Sukana membeberkan bagai mana proses aktifasi IKD itu. 

“Sebenarnya simpel, warga tinggal menyebutkan email kepada petugas, nanti petugas kami yang akan memprosesnya,” tutur Sukana. 

Dia berharap, semua warga yang sudah memiliki e-KTP segera melakukan aktifasi IKD. 

“Salah satu manfaat kepemilikan IKD itu, masyarakat tidak harus repot membawa surat-surat saat diperlukan dalam suatu urusan, karena semuanya sudah ada di HP, kita tinggal klik saja,” pungkasnya. (red)

0 Komentar