Tips untuk Menjaga Keamanan Akun M-Banking

Tips menjaga keamanan M-Banking
Tips menjaga keamanan M-Banking
0 Komentar

sumedangekspres – Layanan mobile banking atau M-Banking memang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan. Namun, kemudahan ini juga datang dengan risiko seperti pencurian data pribadi, penipuan, atau phishing. Untuk melindungi diri dari ancaman digital tersebut, nasabah M-Banking perlu mengambil langkah-langkah preventif yang penting.

Berikut adalah tips dari Otoritas Jasa Keuangan untuk menjaga keamanan akun M-Banking Anda:

1. Jangan Berbagi Kode Akses: Jangan memberi tahu kode akses atau Personal Identification Number (PIN) kepada orang lain.   2. Amankan Kode Akses: Hindari mencatat atau menyimpan kode akses di tempat yang mudah diakses oleh orang lain.

3. Verifikasi Transaksi: Periksa transaksi dengan teliti sebelum mengonfirmasi.

Baca Juga:Xiaomi Berhasil Menjadi Produsen Ponsel Terlaris di China dan Menduduki Posisi Ketiga Secara GlobalSeleksi CPNS 2024 dijadwalkan Akan dimulai pada Minggu Pertama Agustus 2024

4. Tunggu Konfirmasi: Setelah melakukan transaksi, tunggu beberapa saat hingga mendapatkan respons balik.

5. Periksa Notifikasi: Selalu periksa pesan notifikasi transaksi yang diterima melalui SMS atau email, dan hubungi bank jika ada transaksi mencurigakan.

6. Ganti PIN Jika Perlu: Jika Anda merasa PIN Anda mungkin telah diketahui orang lain, segera ganti PIN tersebut.

7. Laporkan Kehilangan SIM Card: Jika SIM Card Anda hilang atau dicuri, segera laporkan kepada bank atau call center untuk mencegah penyalahgunaan.

8. Hati-hati dengan Aplikasi Internet: Hindari mengunduh atau menggunakan aplikasi yang mencurigakan atau berpotensi sebagai spam atau malware yang bisa mencuri data pribadi.

9. Hindari Transaksi di Tempat Umum: Jangan melakukan transaksi perbankan di warnet atau menggunakan Wi-Fi gratis yang mungkin tidak aman.

10. Selalu Log Out: Pastikan untuk selalu melakukan log out setelah selesai melakukan transaksi.

Baca Juga:Damri Meluncurkan Kembali Rute Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) yang Menghubungkan Bandung dan SubangSamsung Galaxy A15 Terpilih Sebagai Smartphone Android Terlaris di Dunia Menurut Laporan Firma Riset Counterpo

11. Hapus Data Saat Berganti Ponsel: Jika Anda mengganti ponsel, pastikan semua data aplikasi M-Banking telah dihapus untuk mencegah penyalahgunaan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengurangi risiko kejahatan digital dan menjaga keamanan data pribadi serta akun M-Banking Anda.(*)

0 Komentar