Buang Sampah Sembarangan Masih Marak di Desa Mekarjaya

BERSERAKAN: Sampah yang dibuang warga dengan sembarangan di Desa Mekarjaya, Selasa (13/8).
BERSERAKAN: Sampah yang dibuang warga dengan sembarangan di Desa Mekarjaya, Selasa (13/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Kebiasaan warga membuang sampah sembarangan ke sungai di Desa Mekarajaya, Kecamatan Sumedang Utara, masih menjadi masalah serius. Meski sudah sering diingatkan, perilaku ini terus berlanjut, bahkan melibatkan orang-orang yang hanya melintas di daerah tersebut.

Edi, seorang warga setempat, menyatakan bahwa perilaku membuang sampah ke sungai sudah menjadi hal yang lumrah.

“Sudah biasa, setiap hari kami berusaha membakar sampah, tapi besoknya sudah menumpuk lagi sampah-sampah baru. Tidak semua warga sini yang suka membuang sampah sembarangan, tapi memang ada sebagian orang saja,” ungkapnya, Selasa (13/8).

Baca Juga:Coretan di Kolong Jembatan Bikin Resah Warga Desa MekarjayaSekda Tuti Ruswati Berharap Anggota DPRD Terus Bersinergi 

Edi menambahkan, bahwa selain warga sekitar, orang-orang yang hanya lewat juga kerap membuang sampah sembarangan ke sungai. Kebiasaan ini didasari anggapan bahwa sampah akan hanyut terbawa arus air, padahal kenyataannya justru memperparah penyumbatan aliran air.

“Kesadaran terhadap lingkungan semakin berkurang. Kebanyakan orang berpikir bahwa sampah akan hilang karena hanyut terbawa arus air, padahal semakin banyak sampah yang dibuang, justru aliran air menjadi tersumbat,” ujarnya dengan kesal.

Meskipun warga setempat sudah memasang papan peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan, namun perilaku itu tetap terjadi. Hal ini membuat frustrasi mereka yang peduli dan merawat lingkungan di sekitar sungai tersebut.

Masalah pembuangan sampah sembarangan tidak hanya mengganggu aliran air, tetapi juga mengancam kelestarian lingkungan sekitar. Diharapkan ada tindakan lebih tegas dari pihak berwenang untuk menanggulangi kebiasaan buruk ini agar lingkungan sungai tetap terjaga. (cr1)

0 Komentar