Karnaval Hari Pramuka di Alun-alun Sumedang Bantu Dorong UMKM Lokal

BERJEJER: Sejumlah pedagang di Alun-alun Sumedang pada saat acara hari Pramuka, Rabu (14/8).
BERJEJER: Sejumlah pedagang di Alun-alun Sumedang pada saat acara hari Pramuka, Rabu (14/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Peringatan Hari Jadi Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus dirayakan dengan meriah di Kabupaten Sumedang. Acara tersebut berlangsung di Alun-Alun Sumedang dan dihadiri oleh berbagai Kwartir dari tingkat SD hingga SMP di seluruh wilayah Sumedang, Rabu (14/8).

Selain upacara dan karnaval, acara tersebut juga diramaikan oleh kehadiran para pelaku UMKM atau pedagang dari berbagai wilayah yang memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan penjualan mereka. Setiap kali event besar digelar di Alun-Alun Sumedang, pendapatan para pedagang memang cenderung mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Eni, salah satu pedagang yang menjual dimsum, mengaku dagangannya laris manis.

Baca Juga:Warga Desa Wanajaya Antusias Sambut HUT Kemerdekaan RIDua Kali Gagal, Elah Karmilah Akhirnya Resmi Dilantik Jadi Dewan

“Saya membawa sekitar 200 butir dimsum, dan dalam beberapa jam pertama, sudah 80 butir terjual. Acara ini sangat membantu usaha kecil seperti kami,” ujarnya.

Eni berharap pemerintah bisa lebih sering menyelenggarakan event karena dampaknya sangat positif bagi pedagang kecil.

Harapan juga disampaikan oleh Eni, yang berharap pemerintah mengadakan event resmi tidak hanya pada acara tertentu, tetapi juga secara rutin setiap minggu atau setiap bulan.

“Kami selalu terbantu dengan adanya event seperti ini. Semoga pemerintah bisa mengadakan acara secara rutin,” harapnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sumedang, Erwan Setiawan, juga turut berpartisipasi dengan memborong dagangan para pedagang. Beberapa makanan yang diborong antara lain sempol, bakso tahu, telur gulung, dan es buah. Jajanan tersebut kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada peserta dan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Langkah tersebut diambil oleh Erwan sebagai bentuk dukungan terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sering kali kurang mendapatkan perhatian.

“Tujuan kami adalah untuk memajukan usaha kecil yang jarang dilirik oleh masyarakat. Dengan membeli dan membagikan jajanan ini, kami berharap bisa membantu mempromosikan dan mengembangkan UMKM lokal,” pungkasnya. (cr1)

0 Komentar