Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust

Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust
Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar terkena gempa bumi berkekuatan tinggi atau yang dikenal dengan istilah megathrust. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan terjadinya gempa ini.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, potensi gempa megathrust ini dapat terlihat dari adanya seismic gap di beberapa zona megathrust, khususnya di Selat Sunda dan Mentawai-Siberut.

Daryono menjelaskan bahwa Megathrust Selat Sunda memiliki potensi untuk memicu gempa dengan kekuatan maksimal hingga M 8,7. Sementara itu, Megathrust Mentawai-Siberut memiliki potensi untuk memicu gempa dengan kekuatan maksimal M 8,9.

Baca Juga:Megathrust di Indonesia, Ancaman yang Tak Terhindarkan dan Tinggal Menunggu WaktuPotensi Tsunami dari Megathrust Selat Sunda hingga Jakarta

Gempa besar yang terjadi di kedua segmen megathrust ini bukanlah hal yang bisa diprediksi secara pasti, namun Daryono menyebut bahwa hal tersebut “tinggal menunggu waktu”. Hal ini disebabkan karena di kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun tidak terjadi gempa besar yang signifikan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun potensi megathrust sudah terlihat, hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat secara akurat dan tepat memprediksi kapan, di mana, dan seberapa besar kekuatan gempa yang akan terjadi.

Kita hanya bisa mengetahui potensinya, namun kapan gempa tersebut akan terjadi, tetap menjadi misteri.

Dari berbagai informasi yang dihimpun, gempa bumi Megathrust di Selat Sunda diperkirakan akan terasa hingga ke Jakarta dan sekitarnya, mengingat jaraknya yang hanya sekitar 170 kilometer dari pusat megathrust.

Daerah lain yang diperkirakan akan merasakan getaran yang kuat adalah Banten, Jawa Barat, hingga Lampung. Sementara itu, di wilayah Jawa bagian tengah dan timur, getaran gempa yang dirasakan kemungkinan akan lebih kecil dibandingkan daerah lainnya.

Namun, penting untuk diluruskan bahwa informasi tentang potensi gempa megathrust ini bukanlah sebuah prediksi ataupun peringatan dini yang mengindikasikan gempa besar akan segera terjadi.

Informasi ini lebih kepada pengingat akan keberadaan zona Megathrust di Selat Sunda dan Mentawai-Siberut yang hingga kini belum menunjukkan aktivitas gempa besar selama ratusan tahun.

0 Komentar