Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust

Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust
Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust (ist)
0 Komentar

Kemunculan kembali pembahasan tentang potensi gempa ini bukan berarti gempa besar akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi lebih kepada kesadaran akan potensi yang ada dan pentingnya mempersiapkan diri.

Gempa berkekuatan M7,1 yang baru-baru ini terjadi di Jepang pada Kamis (8/8/2024) menjadi pengingat yang tepat akan potensi gempa megathrust di Indonesia.

Gempa tersebut berpusat di Tunjaman Nankai, dan menurut catatan sejarah, gempa besar terakhir di zona tersebut terjadi pada tahun 1946. Di sisi lain, gempa besar terakhir di Mentawai-Siberut terjadi pada tahun 1797.

Baca Juga:Megathrust di Indonesia, Ancaman yang Tak Terhindarkan dan Tinggal Menunggu WaktuPotensi Tsunami dari Megathrust Selat Sunda hingga Jakarta

Jarak waktu yang sangat lama ini menunjukkan bahwa Indonesia harus lebih serius dalam mempersiapkan upaya mitigasi gempa sejak dini.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasa, sambil terus memantau informasi terkait gempa bumi dan tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG.

Kesiapsiagaan dan kewaspadaan adalah kunci untuk mengurangi dampak dari bencana yang tidak dapat diprediksi ini.

Demikinan pembahasan mengenai Ini Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust.***

0 Komentar