Lomba UMKM Ajang Inovasi Masyarakat Cimanggung

TUNJUKAN: Kepala Desa Pasirnanjung, Susi Herawati saat memegang piala dan piagam kejuaraan UMKM, baru-baru ini
TUNJUKAN: Kepala Desa Pasirnanjung, Susi Herawati saat memegang piala dan piagam kejuaraan UMKM, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Dalam rangka merayakan Milangkala ke-38 Kecamatan Cimanggung, pemerintah setempat menyelenggarakan serangkaian kegiatan dan perlombaan. Kegiatan diikuti oleh berbagai desa di wilayah tersebut.

Salah satu acara yang paling dinantikan adalah lomba Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang menjadi ajang unjuk kreativitas dan inovasi masyarakat lokal. Desa Pasirnanjung berhasil meraih juara pertama dalam perlombaan tersebut.

Perlombaan UMKM tersebut tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk memperlihatkan potensi dan kreativitas masyarakat desa dalam mengembangkan usaha. Kepala Desa Pasirnanjung, Susi Herawati mengatakan berhasilnya dalam meraih juara merupakan motivasi bagi masyarakat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk lokal.

Baca Juga:Target PBB Desa Jatimulya Capai 49 PersenDesa Padasuka Terus Optimalkan Penarikan PBB

“Kejuaraan ini menjadi langkah awal bagi kami untuk mewujudkan visi dan misi Desa Pasirnanjung, yaitu mengembangkan UMKM menuju desa wisata,” ujarnya, baru-baru ini.

Dalam pameran UMKM yang digelar bersamaan dengan lomba, Desa Pasirnanjung menampilkan berbagai produk unggulan, mulai dari hasil pertanian hidroponik, kerajinan tangan, hingga kuliner khas desa. Camat Cimanggung, H Agus Wahyudin, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79.

Selain lomba UMKM, berbagai kegiatan lain seperti lomba olahraga, dan lomba rias liwet turut memeriahkan acara tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat persatuan, memperkuat silaturahmi, serta meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan warga,” ungkapnya.

Lomba rias liwet yang menjadi salah satu perlombaan favorit juga berlangsung dengan penuh semangat. Masyarakat dari berbagai desa berpartisipasi untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam menyajikan liwet, yang merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat.

Kemeriahan terlihat saat para peserta dengan penuh kreativitas merias dan menyajikan liwet dalam bentuk yang unik dan menarik. Sebagai penutup rangkaian acara, diumumkan para pemenang dari berbagai lomba yang diadakan.

Desa Pasirnanjung yang berhasil meraih juara pertama dalam lomba UMKM menjadi sorotan utama. Kemenangan tidak hanya membanggakan desa tersebut, tetapi juga menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi lokal. (kos)

0 Komentar