Kebakaran Lahan di Sumedang Sering Terjadi, Warga Dihimbau Hati-hati!

PADAMKAN: Petugas pemadam kebakaran saat mengupayakan pemadaman kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Sumedang.
ISTIMEWA, PADAMKAN: Petugas pemadam kebakaran saat mengupayakan pemadaman kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Sumedang.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Peristiwa kebakaran lahan dan kebun semakin marak di musim kemarau. Dalam sehari, kebakaran bisa terjadi sampai beberapa kali.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Sumedang Cece Ruhiat mengatakan sehubungan sedang dalam musim kemarau yang sangat panas, untuk itu masyarakat dihimbau supaya lebih berhati hati. Diantaranya, tidak membuang puntung rokok sembarangan dan jangan meninggalkan tempat apabila sedang melakukan pembakaran kebun.

“Apabila masak jangan sampai meninggalkan masakan dalam keadaan kompor menyala. Bersikaplah tenang apabila ada api yang besar,” kata Cece kepada Sumeks, Kamis (29/8).

Baca Juga:Calon Bupati Sumedang Dony: Lanjutkan yang Sudah BaikEni Sumarni Satu-satunya Calon Bupati Sumedang Perempuan

Kemudian, lanjut dia, cepatlah melapor kepada Damkar apabila melihat api yang berpotensi besar.

“Tak hanya itu, periksa juga secara berkala komponen listrik,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat harus mengupayakan pencegahan kepada yg mempunyai potensi kebakaran.

“Agar kebakaran tidak terus terjadi,” tandasnya.

Sebelumnya, Rabu (28/8), kebakaran lahan terdapat di lima titik berbeda dengan penyebab beragam. Diantaranya, pembakaran sampah yang tidak terkendali, pembuangan puntung rokok sembarangan, gesekan alang-alang akibat cuaca panas dan lainnya. (bim)

0 Komentar