Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bagian Pipi

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bagian Pipi
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bagian Pipi, Foto: health.grid.id
0 Komentar

sumedangekspres – Jerawat di pipi sering kali dikaitkan dengan mitos memiliki banyak pacar, tetapi sebenarnya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Jerawat terjadi karena peradangan pada kulit akibat penyumbatan pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati, seringkali disertai infeksi bakteri.

Ini menyebabkan munculnya benjolan berwarna merah, hitam, atau kekuningan, yang kadang disertai nyeri dan bengkak. Jerawat bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, dada, bahu, dan punggung atas, dan seringkali mengganggu penampilan.

Penyebab Jerawat di Pipi

Jerawat di pipi umumnya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan infeksi bakteri *Propionibacterium acne*. Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat memicu jerawat di pipi meliputi:

Baca Juga:Mengobati Tumit Kaki yang Sakit Sangat Penting, Terutama Jika Anda Sering Mengalami Masalah di Bawah IniBerbagai Sabun Mandi yang dirancang Khusus untuk Kulit Kering

– Perubahan hormon (misalnya, kehamilan dan pubertas)- Stres berlebihan (contoh: putus cinta)- Bertelepon dengan handphone yang layarnya kotor- Paparan asap dan polusi udara- Riwayat keluarga dengan kondisi serupa- Pola tidur yang buruk- Konsumsi gula berlebih- Penggunaan produk kecantikan berminyak- Efek samping obat-obatan tertentu (misalnya, pil KB)

Cara Mengatasi Jerawat di Pipi

1. Gel Lidah Buaya: Mengandung antiinflamasi dan antibakteri. Oleskan gel lidah buaya ke wajah, biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan 1-2 kali sehari.

2. Masker Madu: Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Campurkan 3 sendok madu dan 1 sendok kayu manis, oleskan ke jerawat, biarkan 8-10 menit, lalu bilas.

3. Masker Teh Hijau: Antioksidan dalam teh hijau mengurangi minyak berlebih dan infeksi. Campurkan teh hijau seduh, madu, dan baking soda, oleskan ke wajah, biarkan 10-15 menit, lalu bilas.

4. Konsumsi Omega-3: Makanan yang kaya omega-3 (seperti ikan teri dan sarden) atau suplemen omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan kulit.

5. Kurangi Stres: Stres meningkatkan produksi minyak dan membuka pori-pori. Cobalah tidur cukup, meditasi, yoga, atau melakukan hobi untuk mengurangi stres.

6. Oleskan Salep Jerawat: Gunakan salep antibiotik yang diresepkan dokter untuk membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Pencegahan Jerawat di Pipi

Baca Juga:Memutihkan Kaki Bisa dilakukan dengan Berbagai Cara, Simak CaranyaManfaat Pisang Ambon Sebanding dengan Kenikmatannya

– Cuci wajah dengan sabun nonkomedogenik dua kali sehari- Gunakan pelembap sesuai jenis kulit- Hapus makeup sebelum tidur- Hindari menyentuh wajah dengan tangan- Bersihkan layar ponsel secara rutin- Gunakan jilbab atau penutup kepala yang bersih

0 Komentar