Atri, Siswi Smansa Peraih Medali Emas OSN 2024

Atri, Siswi Smansa Peraih Medali Emas OSN 2024
Atri, Siswi Smansa Peraih Medali Emas OSN 2024
0 Komentar

sumedangekspres – Ni Luh Gita Gayatri Kusumaningrum, Siswi kelas 12 Mipa 5 SMAN 1 Sumedang berhasil menorehkan prestasi, sebagai juara pertama peraih medali emas tingkat Nasional pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Bidang Biologi.

Olimpiade yang digelar Pusat Prestasi Nasional dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud itu, diikuti 100 siswa tingkat SMA dari seluruh provinsi se Indonesia di Jakarta, (26-31/8).

“Awalnya saya tak percaya mendapatkan juara ini, karena ada beberapa kendala yang saya hadapi saat mengikuti olimpiade,” kata Atri, panggilan akrab Ni Luh Gita Gayatri Kusumaningrum, saat ditemui Sumeks di sekolahnya, Senin (2/9).

Baca Juga:Jangan Asal Pilih! 13 Makanan Ini Bantu Otak Bayi Kamu Berkembang Pesat!Trik Ajaib: Minyak Zaitun + Bahan Dapur Rahasia Ini Buat Rambut Tumbuh Seperti Rumput!

Kendala yang dia hadapi diantaranya, tidak cukup waktu untuk menyelesaikan beberapa tugas.

Bahkan harapan untuk meraih juara pun sempat pupus, setelah namanya tak disebutkan dalam deretan peraih perak dan perunggu.

“Pas nama saya enggak ada di perunggu dan perak, saya sudah agak putus asa, karena untuk mendapatkan emas itu rasanya gak mungkin, tapi ternyata dapat emas, Alhamdulillah,” ujarnya.

Prestasi yang diraih Atri dalam bidang biologi bukan tanpa alasan. Pasalnya sebagai siswa teladan, Atri memang sangat menyukai bidang ilmu Biologi.

“Saya sangat suka dengan ilmu biologi karena banyak mempelajari soal organ tubuh manusia dan salah satu bidang yang saya sukai itu bidan genetika dan biologi sel molekuler,” paparnya.

Selain itu, kegemarannya mendalami ilmu bilologi, lantaran gadis yang bercita-cita ingin jadi dokter dan peneliti bidang biomedik itu memang mata pelajaran biologi tidak ada perkalian dan penjumlahan.

“Dulu saya sempat berpikir kaya gitu, saat saya ketemu dengan genetika, ternyata ada hitung-hitungannya juga dan pada pada akhirnya saya jadi suka hitung-hitungan juga,” ucapnya.

Baca Juga:Murah Meriah! Skincare Vitamin C Ringan yang Bikin Kulit Glowing, Cuma 50 Ribuan!Gak Usah Bingung! 4 Foundation Lokal Ini Bikin Kulit Berminyak dan Pori-Pori Besar Jadi Mulus Seketika!

Setelah sukses menjuarai OSN 2024, Atri tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) untuk menghadapi olimpiade tungkat internasional di Filipina tahun 2025.

“Pelatnas ini untuk menyaring empat siswa yang akan mewakili Indonesia ke ajang Internasional Biology Olimpiade (IBO),” imbuhnya.

Untuk menghadapi olimpiade bergengsi itu, Atri melakukan pendalaman terhadap beberapa buku pelajaran Biologi termasuk buku Albert Biologi sama molekuler,” katanya.

0 Komentar