PPS Cimalaka Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

PAPARKAN: Sekretaris PPS Cimalaka, Yudi Budiawan, saat memaparkan tahapan Pilkada 2024 di desanya kepada Sumek
PAPARKAN: Sekretaris PPS Cimalaka, Yudi Budiawan, saat memaparkan tahapan Pilkada 2024 di desanya kepada Sumeks, Senin (2/9).
0 Komentar

sumedangekspres, CIMALAKA – Sesuai arahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Cimalaka, Kecamatan Cimalaka, telah mencapai tahapan sosialisasi dan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat desa pada Pilkada 2024. Hal tersebut disampaikan Sekretaris PPS Cimalaka, Yudi Budiawan, kepada Sumeks, Senin (2/9).

“Alhamdulillah, kami telah melaksanakan sejumlah tahapan Pilkada 2024. Terakhir, kami mengadakan sosialisasi, yang kami tekankan kepada pemilih pemula agar mereka memahami tahapan-tahapan Pilkada,” ujar Yudi.

Kegiatan sosialisasi Pilkada diikuti oleh 14 pemilih pemula yang sangat antusias untuk mendapatkan pengetahuan terkait tahapan Pilkada, yang disampaikan oleh Kepala Divisi SDM PPS Desa Cimalaka. Yudi menjelaskan bahwa hasil sosialisasi telah sesuai dengan aturan KPU.

Baca Juga:Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli Ngantor di DesaPPK Sumedang Utara Optimis Partisipasi Pemilih Naik 2 Persen di Pilkada 2024

Yudi juga mengungkapkan bahwa, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil pemutakhiran di Desa Cimalaka terus mengalami perubahan. Rekapitulasi DPS menunjukkan bahwa terdapat 1.750 pemilih laki-laki dan 1.826 pemilih perempuan, dengan total 3.576 pemilih.

PPS Cimalaka juga telah melakukan tahapan perbaikan data pemilih.

“Setelah mendapat hasil pencocokan dan penelitian (coklit) dari petugas Pantarlih, terdapat 95 pemilih baru, 114 pemilih yang tidak memenuhi syarat, dan 157 perubahan data pemilih,” jelas Yudi.

Lebih lanjut, Yudi menambahkan bahwa Desa Cimalaka memiliki 8 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 3 dusun. Setiap TPS mengikuti aturan yang menetapkan jumlah pemilih tidak melebihi 500 orang per TPS.Yudi berharap partisipasi pemilih di Desa Cimalaka pada Pilkada 2024 dapat mencapai 90 persen.

“Kami berharap tingkat partisipasi masyarakat meningkat. Berdasarkan pengalaman pada Pemilu Presiden (Pilpres) sebelumnya, partisipasi di Desa Cimalaka mencapai 89 persen. Mudah-mudahan, Pilkada 2024 bisa lebih tinggi, minimal 90 persen, karena kami terus mendorong partisipasi masyarakat untuk mensukseskan Pilkada kali ini,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar