DD Tahap 2 Desa Sukajaya: Prioritaskan Infrastruktur dan Pemberdayaan

PAPARKAN: Sekretaris Desa Sukajaya, Didi SE., saat memberikan keterangan terkait alokasi DD tahap 2 di desanya
PAPARKAN: Sekretaris Desa Sukajaya, Didi SE., saat memberikan keterangan terkait alokasi DD tahap 2 di desanya kepada Sumeks, Selasa (10/9).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Realisasi Anggaran Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2024 di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Utara, difokuskan pada dua program utama, yaitu pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Sukajaya, Sukana SM, melalui Sekretaris Desa Sukajaya, Didi SE, kepada Sumeks, Selasa (10/9).

Menurut Sekdes, alokasi Dana Desa tahap 2 tahun 2024 diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan.

“Realisasi di bidang infrastruktur meliputi pembangunan akses jalan di Dusun Cipunareun, RW 12, dengan material lapen,” jelasnya.

Baca Juga:Babinsa Desa Cibugeul Bantu Warga Bangun RumahOptimalkan Pemanfaatan, Dinsos Sumedang Monitoring Bantuan KUBE

Sementara itu, lanjut Sekdes, di bidang pemberdayaan, dana digunakan untuk beberapa program, seperti Pelatihan Badan Pemberdayaan Desa (BPD), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), insentif untuk guru ngaji dan guru PAUD. Selain itu untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sekdes menambahkan, bahwa penerapan Dana Desa tahap 2 di bidang pemberdayaan sudah sesuai dengan program dan peraturan yang berlaku.

“Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam menangani kemiskinan ekstrem dan menurunkan angka stunting, yang menjadi program prioritas Pemerintah Daerah Sumedang dan Pemerintah Desa Sukajaya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekdes menekankan bahwa pembangunan infrastruktur sangat penting bagi Desa Sukajaya, karena akses jalan tersebut akan mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

Sekdes berharap Dana Desa terus berlanjut dan selaras dengan program pembangunan di tingkat pusat maupun daerah. Ia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga dan merawat jalan yang telah dibangun.

“Atas nama Pemerintah Desa Sukajaya, kami mengimbau semua warga untuk menjaga jalan ini, karena jalan tersebut merupakan milik bersama. Sesuai tradisi di Desa Sukajaya, kita akan merawatnya melalui kegiatan kerja bakti,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar