Serahkan Sertipikat Tanah kepada Masyarakat Eks Timor Timur di NTT, Menteri AHY Kenang Pernah Sekolah di Dili

Serahkan Sertipikat Tanah kepada Masyarakat Eks Timor Timur di NTT, Menteri AHY Kenang Pernah Sekolah di Dili
Serahkan Sertipikat Tanah kepada Masyarakat Eks Timor Timur di NTT, Menteri AHY Kenang Pernah Sekolah di Dili
0 Komentar

sumedangekspres, Kabupaten Kupang – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertipikat hasil dari program Redistribusi Tanah kepada masyarakat eks Timor Timur di Desa Oebola Dalam, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (14/08/2024). Dalam momen ini, ia pun teringat akan kenangan masa lalunya yang pernah menjadi bagian dari Timor Timur.

“Saya tidak pernah menyangka karena benar walaupun saya bukan lahir tapi saya pernah hidup dan sekolah di Dili, Timor Timur tahun 1986 hingga 1988. Dua setengah tahun ketika itu Pak SBY, Presiden ke-6 Republik Indonesia mendapatkan tugas sebagai Komandan Batalion 744 SYB, saya sekeluarga tinggal di Dili,” ungkap Menteri AHY.

Menteri AHY menyatakan, masih ingat dengan jelas kenanga-kenangan termasuk letak rumah dinas yang ditempatinya dulu. “Kita lihat hari ini dan ke depan tapi tidak boleh melupakan masa lalu karena tanpa masa lalu tidak ada kita hari ini, tidak ada masa depan Indonesia juga tanpa mengapresiasi masa lalu,” ucapnya.

Baca Juga:Sekda Herman Suryatman ke Medan Suntik Semangat Atlet Jawa BaratBey Machmudin: Kesehatan Investasi Paling Berharga bagi Bangsa

Ia mengaku, rasa nasionalis dan patriotisme mulai tumbuh pada masa ketika dirinya tumbuh dan besar di lingkungan prajurit TNI. Seiring waktu rasa nasionalisme dan patriotisme terus berada di dalam dirinya hingga saat ini menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

“Dan ketika saya mendapatkan amanah di Kementerian ATR/BPN ini salah satu prioritas yang langsung saya tangani bagaimana kita bisa segera menuntaskan status sekaligus juga hak atas tanah bagi masyarakat pejuang eks Timor Timur,” kata Menteri AHY disambut tepuk tangan meriah dari ratusan warga dan undangan yang memadati di dalam dan di luar tempat pertemuan di Kapela.

Untuk diketahui, dalam kesempatan ini Menteri AHY menyerahkan 505 sertipikat tanah yang terdiri dari sertipikat Redistribusi Tanah, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan rumah ibadah.

Hadir mendampingi Menteri AHY, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi NTT beserta jajaran. Turut hadir, Pj. Gubernur NTT beserta jajaran Forkopimda Provinsi NTT. (LS/PHAL)

0 Komentar