LS Vinus Sumedang Berharap KPU dan Bawaslu Bekerja Sebaik Mungkin  

SEBAIK MUNGKIN: Korja Pemantau LS Vinus Sumedang Dodi Partawijaya berfoto bersama Komisioner KPU Sumedang, Ase
SEBAIK MUNGKIN: Korja Pemantau LS Vinus Sumedang Dodi Partawijaya berfoto bersama Komisioner KPU Sumedang, Asep Wawan. 
0 Komentar

sumedangekspres, JATINANGOR– KPU Kabupaten Sumedang resmi menetapkan 894.295 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang 2024.

Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Kamis (19/9/2024).

Rapat Pleno ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, Komisioner KPU Sumedang, Bawaslu Sumedang, perwakilan partai politik, pemantau Pemilu Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Eni Sumarni Soroti Permasalahan Sosial di Masyarakat   Rani, Tendik Teladan Unisba Dapat Hadiah Jalan-Jalan Gratis ke Bali dari Motivator Kawakan Dr Aqua Dwipayana

Korja Pemantau LS Vinus Sumedang Dodi Partawijaya berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bekerja sebaik mungkin.

“Data pemilih adalah data yang sangat krusial karena akan menentukan konversi suara menjadi pemenang dalam Pilkada serentak,” kata Dodi, Jumat (20/9/2024).

Dikatakan, penyelenggara pemilu memiliki peran yang sangat strategis dalam melahirkan pemimpin masa depan. “Salah satunya untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045,” jelas Dodi.

Dodi berpesan agar dalam tahapan Pilkada 2024 seluruh ASN, TNI dan Polri harus netral dan bekerja sesuai koridor hukum yang berlaku.

“Kami juga berharap agar seluruh komponen masyarakat ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi negatif di masyarakat yang tentunya akan merugikan semua,” katanya.

Sementara itu dalam rapat pleno tersebut, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumedang, Asep Wawan, menyampaikan bahwa DPT terdiri dari 447.424 pemilih laki-laki dan 446.871 pemilih perempuan. Sebanyak 2012 Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disediakan, termasuk 1 TPS khusus di Lapas Kelas IIB Sumedang, Kecamatan Sumedang Selatan.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan seperti di Pemilu 2024, sekali ditetapkan sudah. Tidak seperti di Pemilu 2019 yang ada DPTHP (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan),” ujar Asep Wawan.

Baca Juga:Kawal Pilkada 2024, LS Vinus Kunjungi KPU SumedangDorong Pemilu yang Berintegritas, LS Vinus Sambangi Bawaslu Sumedang

Dia pun berharap penetapan ini diharapkan berjalan lancar dan menjadi langkah awal menuju pemilihan yang aman dan kondusif di Sumedang. (bim)

0 Komentar