Cantik dan Sempurna? Eits, Jangan Salah, Berikut Kisah Kelam Dibalik Si Cantik Boneka Barbie

Cantik dan Sempurna? Eits, Jangan Salah, Berikut Kisah Kelam Dibalik Si Cantik Boneka Barbie
Cantik dan Sempurna? Eits, Jangan Salah, Berikut Kisah Kelam Dibalik Si Cantik Boneka Barbie (id.pinterest.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Film live-action “Barbie,” yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai Barbie dan Ken, berhasil menarik perhatian banyak orang. Namun, ada baiknya kita menelusuri sejarah Barbie yang penuh kontroversi terkait standar kecantikan perempuan.

Asal mula Barbie berakar dari Ruth Handler, yang merupakan salah satu pendiri Mattel, perusahaan mainan yang didirikan bersama suaminya, Elliot Handler, dan Harold Matson pada tahun 1945. Ruth terinspirasi oleh putrinya, Barbara, yang sering bermain dengan boneka kertas, membayangkan sosok wanita seperti apa yang ingin dia jadi di masa depan.

Dari sinilah, Ruth merasa bahwa penting untuk menciptakan boneka yang bisa mewakili aspirasi para gadis. Ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa ide tersebut muncul ketika Ruth melihat boneka dewasa yang unik saat berlibur di Swiss.

Baca Juga:Tindakan Tegas Nikita Mirzani: Bakal Jebloskan Vadel dan Keluarga ke Penjara!Drama Banget! Lolly Mengamuk Saat Hendak Divisum

Ruth kemudian menamai boneka tersebut dengan sebutan Barbie, terinspirasi dari nama putrinya. Model perdana Barbie diperkenalkan pada Maret 1959 di ajang Toy Fair di New York City.

Dalam iklan televisi perdana Barbie yang tayang pada tahun yang sama, seorang wanita menyanyikan lagu dari sudut pandang seorang gadis muda, menggambarkan harapan untuk menjadi seperti Barbie.

Kurang lebih Seperti inilah lirik dalam lagu tersebut, “Sampai saat itu, aku tahu apa yang akan kulakukan. Barbie, Barbie yang cantik, aku akan percaya bahwa aku adalah kamu.”

Meski banyak kritikus dari industri mainan khawatir bahwa gadis-gadis tidak akan tertarik pada boneka yang memiliki bentuk tubuh ideal, Barbie dengan ukuran pinggang kecil dan penampilan yang selalu berubah dengan mudah menjadi fenomena global.

Pada tahun pertama peluncurannya, Barbie terjual sebanyak tiga ratus ribu unit, dan popularitasnya meningkat pesat. Pada tahun 1961, Barbie mendapatkan pacar bernama Ken, yang mungkin sedikit aneh karena dinamai sesuai dengan putra Handlers.

Dua tahun setelahnya, Barbie memiliki sahabat bernama Midge, dan pada tahun 1964, ia memperkenalkan adik perempuan bernama Skipper. Pada tahun 2021, Mattel berhasil mengirimkan lebih dari 86 juta boneka dari dunia Barbie, yang berarti sekitar 164 boneka per menit.

0 Komentar