Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Kerja Inovatif Guru Sekolah Dasar dalam Pengajaran Musik

PAPARKAN: Ketua tim PkM Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang dalam Bidang Seni Musik di Sekolah Dasar, Prof.
PAPARKAN: Ketua tim PkM Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang dalam Bidang Seni Musik di Sekolah Dasar, Prof. Dr. Julia, M.Pd., saat memberikan materi pelatihan kepada para guru di Kabupaten Sumedang.
0 Komentar

sumedangekspres, SUMEDANG – Program Studi PGSD Kampus Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), kembali menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tahun anggaran 2024 dalam bidang seni musik di sekolah dasar (SD) di Kampus 1 UPI Kampus Sumedang, Sabtu (7/9/2024).

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan workshop dengan sasaran para guru SD di Kabupaten Sumedang. PkM ini difokuskan untuk melatih para guru agar memiliki kepercayaan diri yang baik dalam pengajaran musik, dan bekerja secara inovatif dalam melaksanakan pengajaran musik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PkM yang diinisiasi oleh Prof Dr Julia M Pd selaku ketua tim PkM, yang dibantu oleh Dr Sandie Gunara M Pd, dan Tedi Supriyadi S H I M Ag selaku anggota PkM. Dan dalam pelaksanaannya, tim PkM dibantu juga oleh tim Protokol UPI Kampus Sumedang.

Baca Juga:Kebakaran Hebat di Pamulihan Hanguskan Dua RumahDua Karyawan Bank Pemerintah Unit Pamulihan masuk Bui

Dalam kegiatan tersebut, para guru dilatih untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam pengajaran musik.

Mereka dituntut agar dapat menampilkan berbagai aktivitas yang menunjukkan kepercayaan diri dalam pengajaran musik, yang meliputi kemampuan untuk: menginspirasi siswa untuk belajar musik, menjelaskan konsep dasar musik dengan melakukan praktik musik, memberikan tugas-tugas musik yang menantang bagi siswa yang berprestasi, menyesuaikan gaya pengajaran musik untuk menarik minat siswa, membantu siswa memahami nilai pembelajaran musik, menilai pemahaman siswa terhadap musik, meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa yang kesulitan dalam belajar musik, menjadikan musik relevan bagi siswa, mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam belajar musik, dan pengajaran musik berbasis praktik dan pengalaman musikal.

Mereka juga melaksanakan workshop untuk melakukan beragam aktivitas yang memperlihatkan kerja inovatif dalam pengajaran musik, yang meliputi kemampuan untuk: Membuat lagu sendiri untuk materi ajar musik, membuat iringan musik sendiri untuk materi ajar musik, menggunakan teknologi untuk membantu pengajaran musik, membuat media pembelajaran musik, membuat pertunjukan musik, dan berkolaborasi membuat komposisi musik.

Beragam kemampuan dalam pengajaran musik tersebut memang bukan hal yang mudah untuk dipraktikan oleh guru SD. Namun setidaknya, para guru dapat berupaya di antaranya dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan seperti PkM ini secara serius.

0 Komentar