Desa Mangunarga Fokus Pembangunan dan Pengentasan Stunting

FOKUSKAN: Pemerintah Desa Mangunarga pada saat melaksanakan Musrenbang tahun 2025 di kantor kepala desa, baru-
FOKUSKAN: Pemerintah Desa Mangunarga pada saat melaksanakan Musrenbang tahun 2025 di kantor kepala desa, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Desa Mangunarga menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) untuk membahas dan menyepakati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPK-Desa) tahun 2025, baru-baru ini. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting di desa serta pejabat kecamatan.

Kepala Desa Mangunarga, Pepen, memaparkan berbagai capaian pembangunan yang telah berjalan. Beberapa di antaranya adalah pembangunan alun-alun desa yang dilengkapi dengan fasilitas gazebo dan kolam renang, serta program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

Ia juga menegaskan bahwa alun-alun desa masih akan terus dibenahi agar menjadi pusat aktivitas sosial dan ekonomi bagi warga desa. Dalam acara tersebut, Camat Cimanggung, Agus Wahyudin, turut hadir dan menyampaikan pandangannya terkait perkembangan desa.

Baca Juga:Dua Motor Terlibat Tabrakan di Cimalaka, Pengendara Mio MDPDAM Tirta Medal Siapkan Calon Pemimpin Melalui Pelatihan Bela Negara

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program-program desa yang sudah berjalan, terutama dalam menangani masalah stunting yang masih menjadi perhatian utama.

“Pengentasan stunting adalah salah satu prioritas utama, karena ini berkaitan langsung dengan kualitas sumber daya manusia di masa depan,” ungkap Agus.

Selain itu, Agus juga menekankan pentingnya pengembangan potensi wisata desa. Menurutnya, Desa Mangunarga memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata lokal yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Wisata desa adalah sektor yang perlu digali lebih dalam. Potensi alam dan budaya di sini bisa menjadi daya tarik utama,” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolsek Cimanggung, Kompol Karyaman, yang juga hadir dalam Musrenbang tersebut, memberikan pesan penting terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Ia mengingatkan warga untuk lebih waspada terhadap berbagai modus kejahatan yang kian beragam.

“Aksi kejahatan kini tidak lagi konvensional, masyarakat harus lebih peka dan menjaga keamanan lingkungan,” ujar Karyaman.

Musrenbang kali ini bukan hanya menjadi ajang diskusi terkait pembangunan fisik, tetapi juga menekankan pada pembangunan manusia dan keamanan. Kolaborasi antara pemerintah desa, kecamatan, serta kepolisian diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan aman bagi seluruh masyarakat Mangunarga.

Baca Juga:Pelatihan Potensi SAR Bandung Tingkatkan Kualitas Penyelamatan di Alam TerbukaLapas Kelas IIB Sumedang Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

Dengan rencana-rencana yang sudah disepakati, Desa Mangunarga optimistis bisa menjadi desa yang lebih maju, baik dalam aspek ekonomi, sosial, maupun keamanan. Hadir juga pada kesempatanya Komandan Rayon Militer (Danramil) Cimanggung, Lettu Inf Nanang Koswara dan mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program pemerintahan Desa Mangunarga. (kos)

0 Komentar