Kodim 0610/Sumedang Gelar Aksi Bersih Sungai Cimande 

GOTONG ROYONG: Sejumlah personil TNI saat memberihkan aliran sungai Cimande, Selasa (24/9).
GOTONG ROYONG: Sejumlah personil TNI saat memberihkan aliran sungai Cimande, Selasa (24/9).
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79, Kodim 0610/Sumedang bersama masyarakat dan berbagai elemen lainnya melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan Sungai Cimande, di Kecamatan Cimanggung, Selasa (24/9). Kegiatan tersebut berhasil membersihkan sepanjang 500 meter aliran sungai.

Pasi Ter Kodim 0610/Sumedang melalui Kapten Infanteri Yayat Sudrajat didampingi Danramil Cimanggung Lettu Infanteri Nanang Koswara, mengungkapkan bahwa aksi tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT TNI Angkatan Darat yang ke-79.

“Pembersihan Sungai Cimande ini bertujuan untuk mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan yang sudah dekat,” ungkap Yayat.

Baca Juga:Desa Mangunarga Fokus Pembangunan dan Pengentasan StuntingDua Motor Terlibat Tabrakan di Cimalaka, Pengendara Mio MD

Selain bertujuan menjaga kebersihan dan mencegah banjir, kegiatan ini juga memperkuat kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

“Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap hubungan harmonis antara TNI dan masyarakat dapat terus terbina dengan baik. Ini adalah wujud nyata cinta TNI, khususnya Kodim 0610/Sumedang, kepada masyarakat Kabupaten Sumedang,” tambahnya.

Aksi pembersihan tidak hanya melibatkan anggota Koramil dan Kodim Sumedang, tetapi juga berbagai elemen masyarakat. Puluhan personel dari Polsek Cimanggung, Pemerintah Kecamatan Cimanggung, Ormas Pemuda Pancasila, serta warga setempat turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Bahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang juga ikut serta dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Lebih jauh, rangkaian acara HUT TNI ini tidak berhenti pada pembersihan Sungai Cimande saja.

“Kami juga mengadakan berbagai kegiatan sosial lainnya, seperti pembersihan masjid di Tanjungsari, bakti sosial di Mokodim Sumedang, sunatan massal, dan makan gratis di Kecamatan Jatigeude,” jelas Kapten Yayat.

Danramil Cimanggung, Lettu Inf Nanang Koswara, menambahkan, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini menunjukkan tingginya kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi warga. Ini membuktikan bahwa semangat gotong-royong masih hidup di tengah masyarakat kita,” ujarnya.

Baca Juga:PDAM Tirta Medal Siapkan Calon Pemimpin Melalui Pelatihan Bela NegaraPelatihan Potensi SAR Bandung Tingkatkan Kualitas Penyelamatan di Alam Terbuka

Kegiatan bersih-bersih sungai ini juga mendapat sambutan positif dari warga. Salah satu warga, Rudi, mengatakan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

“Kami sering mengalami banjir saat musim hujan tiba. Dengan adanya aksi bersih sungai ini, semoga banjir bisa berkurang,” katanya penuh harap. (kos)

0 Komentar